Jika jodoh sudah digariskan Tuhan, mungkinkah kita salah dalam memilih jodoh?

Sebagian besar orang percaya bahwa jodoh adalah ketetapan Tuhan. Sebagiannya lagi percaya jodoh merupakan pilihan. Kita sering mendengar bahwa hidup, jodoh, mati, dan rejeki adalah takdir yang sudah digariskan oleh Tuhan sejak kita lahir di dunia ini dan itu merupakan rahasia Ilahi yang tak pernah bisa kita tebak.

Berbicara mengenai jodoh, kita tidak pernah tahu bagaimana misterinya. Ada beberapa orang yang awalnya sangat mantap untuk menikah dan telah menjalin hubungan asmara dalam kurun waktu yang lama, namun akhirnya hubungan itu kandas di tengah jalan. Ada pula orang-orang yang sebelumnya tak saling mengenal, tak saling menyapa, tak saling tahu satu sama lain namun berakhir di altar pernikahan sebagai sepasang suami istri.

Terkadang, seseorang terlalu yakin bahwa orang yang dicintainya adalah oarng yang akan menjadi pasangan hidupnya. Sayangnya, kemantapan hati ini tidak selamanya berbuah hasil. Tidak sedikit orang yang telah terlanjur cinta tetapi ternyata tak tertulis sebagai jodoh dan bahkan berakhir dengan kegagalan.

Menurut kalian, jika jodoh adalah ketetapan Tuhan, mungkinkah kita salah dalam memilih dan meyakini jodoh kita? Tulis pendapat kalian di kolom komentar yaa.