Mana yang lebih baik, Leica CL atau Leica Q?

kamera leica

Saya bingung, jika harus membandingkan soal kamera untuk memotret, apakah lebih baik pilih Leica Q atau Leica CL dengan lensa 18mm, karena harganya tidak terpaut jauh. Mungkin teman-teman disini bisa memberikan solusi, terimakasih.

1 Like

Secara desain, kedua kamera sangat berbeda sebenarnya, Leica Q punya sensor full frame, lensa 28mm f/1.7 macro, dan ada stabilizer di lensanya. Ukurannya cukup besar untuk kamera compact dan berat total dengan lensanya 640 gram.

Sedangkan Leica CL bersensor APS-C, karena itulah, ukurannya lebih kecil dan lebih ringan (403 gram + 80 gram (lensa 18mm f/2.8)) dan bisa tukar ganti lensa (compatible dengan lensa TL dan SL). Untuk lensa-lensa lainnya bisa dengan mengunakan adaptor yang sesuai.

Yang mana yang lebih good value for money?

Diantara kamera-kamera Leica yang ada, saya menilai Leica Q sangat good value for money. Karena jika kita membandingkan Leica M dan lensa 28mm f/2 kalau ditotal mungkin harganya lebih dari 150 juta, tapi harga Leica Q kurang dari setengah harga Leica M+28mm tersebut saja dan sebagai bonus, Leica Q bisa autofokus.

Tapi bukan berarti Leica Q pilihan yang terbaik untuk semua orang. Dari pengalaman saya, memilih kamera atau lensa berdasarkan harga (good value for money) tidak langsung berarti akan puas memakainya, karena saya tau beberapa teman yang membeli Leica Q karena mengganggap Q murah dan keren, tapi setelah mencoba beberapa kali malah merasa gak cocok dan menjualnya. Sebaliknya banyak juga yang sangat puas karena merasa cocok atau merasakan kualitas gambarnya diatas harapan.

image

Jika saya sendiri diminta untuk memilih salah satu dari keduanya tanpa mempertimbangkan harga, saya pilih Leica CL karena fleksibilitas untuk bisa ganti-ganti lensa, wide, menengah, zoom, fix karena sifat saya yang suka mencoba berbagai jenis fotografi.

Ringkasan

http://www.infofotografi.com

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: