Jihad Dalam Islam

Jihad Dalam Islam

Apa dan bagaimana jihad diimplementasikan dengan sempurna oleh Muhammad Saw. yang kemudian diteruskan oleh para sahabatnya, dapat dibaca di buku karya Sya’rawi ini.

Deskripsi Buku


Jihad dalam Islam adalah menegakkan kebenaran dan mencegah kemunkaran. Nabi Muhammad Saw. sesuai dengan perintah dan tuntunan Allah Swt. mengimplementasikannya dengan sempurna.

Jihad, khususnya dalam konteks ini perang, diatur Islam dengan demikian rinci dan sangat berpihak kepada nilai-nilai dan hak-hak dasar manusia. Apa dan bagaimana jihad diimplementasikan dengan sempurna oleh Muhammad Saw. yang kemudian diteruskan oleh para sahabatnya, dapat dibaca di buku karya Sya’rawi ini.

Islam itu damai dan mendamaikan. Demikianlah agama ini mulia dan bersinar di seluruh penjuru dunia dengan semangat cinta dan kasih sayang kepada sesama.

Detail Buku


Weight 220 g
Dimensions 13 × 19 cm
Halaman 289
Tahun Terbit 2011
Author Muh. Mutawalli Al-Sya’rawi
Publisher Republika Penerbit

Detail Pengarang


Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’râwi (16 April 1911. – 17 Juni 1998) dikenal sebagai Imam Ad-Du’âti (Pemimpin Para Da’i). Lahir pada 16 April 1911 di desa Daqadus, distrik Mith Ghamr, provinsi Daqahlia, Mesir. Dalam usia 11 tahun ia sudah hafal Al-Qur’an. Ia terdaftar di Fakultas Bahasa Arab tahun 1937 dan tamat pada 1940. Setelah tamat ia ditugaskan ke pesantren agama di Thanta, lalu ke pesantren agama di Zaqaziq, dan pesantren agama di Iskandaria. Setelah masa pengalaman yang panjang, ia pindah untuk bekerja di Saudi Arabia pada 1950 sebagai dosen syari’ah di Universitas Ummu al-Qurro.

Imam Asy-Sya’râwi diberikan tanda penghargaan pertama pada usia pensiunnya pada 15 Maret 1976 sebelum ditugaskan menjadi Menteri Wakaf dan Urusan al-Azhar. Mendapatkan penghargaan nasional tingkat pertama pada 1983 dan tahun 1988, dan pada hari Da’i Nasional ia mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa pada bidang sastra dari Universitas Manshurah dan Universitas al-Azhar Daqahlia.

Syekh Asy-Sya’râwi mempunyai sejumlah karangan-karangan, beberapa orang yang mencintainya mengumpulkan dan menyusunnya untuk disebarluaskan, sedangkan hasil karya yang paling populer dan yang paling fenomenal adalah Tafsir Asy-Sya’râwi terhadap Alquran yang Mulia. Dan di antara sebagian hasil karyanya adalah: Al-Isrâu wa al- Mi’râju (Isra dan Mi’raj), Asrâru Bismillâhirrahmânirrahîmi (Rahasia dibalik kalimat Bismillahirrahmanirrahim), Al-Islâmu wa al-Fikru al-Mu’ashiri (Islam dan Pemikiran Modern), dan masih banyak yang lainnya.