Jerry Yang - Ilmu yang dapat dipetik dari kisah suksesnya

Kisah sukses dari beberapa pengusaha bisa menjadi kunci bagi anda untuk meraih kesuksesan anda. Namun, apakah situasi yang anda alami sama persis dengan yang dialami oleh kisah sukses yang telah ada? Anda mungkin dapat memepertimbangkan beberapa aspek yang akan anda hadapi untuk meraih kesuksesan anda. Akan tetapi, apakah anda dapat memperkirakan itu semua, bisa iya, bisa juga tidak. Oleh karena itu, aspek dari beberapa kisah sukses yang anda baca dapat membantu anda mengatasi masalah yang akan anda hadapi.


sumber: www.bedahtekno.com

Dalam artikel berikut akan membahas kisah sukses dari Jerry Yang. Cerita yang ia miliki sangat berguna untuk membimbing, menginspirasi, dan membina para pengusaha-pengusaha muda. Jerry Yang merupakan salah satu pendiri dari Yahoo!. Ia menghabiskan masa kecilnya pada sebuah lingkungan kecil di asia, hingga ibunya, seorang guru bahasa Inggris, membawa dia dan adiknya untuk pindah ke Amerika.

Kehidupan
Ketika Yang berusia 10 tahun, ia menempuh masa pendidikan pada sebuah sekolah di San Jose. Pada waktu itu, gurunya melihat kemampuan luar biasa pada diri Yang. Ia mendapatkan hasil yang bagus hampir di setiap kelas. Karena talenta yang ia miliki, Yang dapat melanjutkan masa kuliahnya di universitas ternama, Stanford University. Karena talenta yang ia miliki, Yang mampu meraih gelar Bachelor of Science sebelum ia dapat menyelesaikan gelar Master of Science in electrical engineering pada tahun 1990.

Ketika ia menempuh pendidikan di Stanford, pada masa itu juga bertepatan dengan lahirnya internet pada tahun 1994. Lalu ia bersama dengan David Filo, berencana untuk membangun sebuah web yang pada akhirnya menjadi sebuah permulaan bagi Yahoo!.

Karir
Setelah ditemukan dan dibentuk kurang dari setahun, Yahoo! Telah menjadi sebuah website yang besar di internet. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Jerry dan Filo untuk mendirikan Yahoo! Inc. pada tahun 1995. Melihat perkembangan dari perusahaan yang mereka kembangkan, Jerry menunda untuk melanjutkan program PhDnya dan memberikan semua waktunya untuk mengembangkan Yahoo!. Web tersebut berkembang dengan pesat, menjadi sebuah search engine dan web berbasis berita terbesar. Disamping itu, Yahoo! Juga melayani milyaran iklan. Hal tersebut meningkatkan pendapatan Yahoo! dan membuat perusahaan tersebut menjadi bapak teknologi pada era dot-com (internet).
Pada era tersebut, Yahoo! berhasil memperoleh saham sebesar $118,75 pada tahun 2000. Namun dibalik dari perkembangannya yang cepat, Yahoo! mengalami penururunan saham dari $118,75 ke $4.05 dalam setahun yang membuat perusahaan tersebut hampir mengalami kebangkrutan.
“I do not like the outcome of what happens with these things. But we have to follow the law” - Jerry Yang
Banyak perusahaan-perusahaan berbasis web yang mengalami kebangkrutan akibat dotcom boom atau dotcom bubble. Untungnya, Yahoo! dapat bertahan hingga tahun 2008 dan bernilai sebesar $40 milyar. Karena adanya persaingan ketat antara Yahoo! Inc. dan Google Inc., Jerry mengambil alih kendali perusahaannya dengan menjadi seorang CEO, dan membuat rencana baru.

Microsoft, salah satu perusahaan software dan web terbesar, mencoba untuk membeli Yahoo! dengan menawarkan $44 milyar. Namun, Jerry menolak tawaran tersebut yang pada akhirnya menimbulkan sebuah kontroversi antara Yahoo! dan Microsoft, dan juga menurunkan popularitas Jerry Yang sendiri. Setelah negosiasi tersebut, Jerry memutuskan untuk keluar dari Yahoo! dan digantikan oleh pemimpin yang baru karena banyaknya para pemegang saham yang tidak memandang Jerry kearah yang positif dalam memimpin Yahoo!

http://peoplemeetme.com/wp-content/uploads/2012/01/Jerry-Yang-with-Yahoo.jpg
sumber: peoplemeetme.com

Disamping dari kontroversi pada masa jabatannya, kesuksesan Jerry Yang tidak dapat dipungkiri. Pertama ketika ia adalah seorang imigran yang pindah ke Amerika dan mampu untuk beradaptasi dengan cepat. Ia belajar bahasa lokal dan beradaptasi dengan sistem sekolah lokal di Amerika dengan cepat. Dengan etika kerja dan juga kemahirannya dalam bekerja, membuatnya menjadi seorang pengusaha dot-com, pemimpin, dan menjadikannya seseorang yang berpengaruh pada bidang teknologi, search engines, dan iklan berbasis online yang sangat sukses yang berbuah di Yahoo!.