Jenis tarantula yang cocok untuk dipelihara

gbb

beberapa jenis tarantula merupakan jenis yang buas dan memiliki racun yang mematikan, beberapa jenis lainnya adalah yang tidak memiliki bisa dan bisa dijinakkan. lalu jenis apa sajakah itu?

Ada 5 jenis tarantula yang cocok untuk pemula, jenis tersebut adalah

  1. Brachypelma albopilosum

Brachypelma albopilosum Valerio 1980, female, Honduras

Ini dia si albo atau yang biasa dikenal sebagai Honduran Curly Hair. Tarantula ini adalah Brachypelma termurah di Indonesia, karena sudah berhasil di ternakkan oleh salah satu breeder dalam negeri. Memang sih bukan yang tercantik dari Brachypelma, tapi dengan kurang dari Rp100.000 kamu dah bisa sikat sling 1cm-an nya, beda dengan saudara-saudara lainnya yang minimal harus kamu maharin slingnya lebih dari Rp150.000.

Selain itu, kelebihan spesies ini adalah bulunya yang keriting, nggak ada jenis lain yang menandingi. Perawatan tentu nggak ribet karena nggak butuh kelembapan tinggi. Bisanya juga tergolong lemah.

  1. Lasiodora parahybana

Ini dia salah satu tarantula impor terpopuler di Indonesia, Si parahybana atau salmon pink birdeater ini mulai populer di tahun 2013 setelah ada peternak lokal yang berhasil. Harganya pun tergolong sangat murah untuk tarantula impor, tidak lebih dari Rp70.000 untuk seekor sling atau anakan 1cm-an.

Selain itu, tarantula dari Amerika Selatan ini terkenal sebagai tarantula terbesar ke-3 di dunia setelah Theraposa blondi dan Theraposa stirmi. Pertumbuhannya sangat cepat dan mayoritas jinak.

  1. Grammostola rosea

grammostola_rosea_male1

Jenis favorit ane yang satu ini sangat populer di dunia. Banyak para ahli tarantula yang memelihara si rosea ini sebagai langkah awalnya masuk ke hobi tarantula. Seperti namanya rosea, tarantula ini dikenal sebagai Chilean Rose Hair. Kelihatan kan merahnya?

Tarantula ini terkenal sangat jinak dan kalem. Harganya standar di atas Rp150.000 untuk sling berukuran 2cm. Ane sendiri punya satu di rumah, favorit nih! Dia juga terkenal suka puasa dalam waktu panjang, hingga berbulan-bulan!

  1. Selenocosmia javanensis

91x24s1k96

Tarantula jawa ini adalah 1 dari 2 tarantula Old World yang ane masukin ke list rekomendasi. Kenapa ane rekomendasikan? Karena harganya MURAH. Dengan Rp100.000 kamu udah bisa bawa pulang tarantula Jawa ukuran lebih dari 12cm.

Tapi jangan salah, walaupun di sini harganya murah, di luar negeri harganya selangit! Dengan pelihara si javanensis ini kamu juga bisa belajar pelihara tarantula yang defensif dan galak, dijamin lancar pelihara tarantula lainnya kalo dah berhasil pelihara ini :smiley:

  1. Pterinochilus murinus

Nih tarantula sangat populer di kalangan hobbyist. Lebih sering disebut OBT (Orange Baboon Tarantula atau Orange Bitey Thing) karena warnanya yang orens menyala dan temperamennya yang galak serta gerak cepat. Tarantula ini masuk ke Old World karena berasal dari Afrika.