Jenis tanaman untuk menciptakan border taman


(Maulida Sabrina) #1

tmp_19365-tamanborderdepan-23980957

Border taman adalah istilah yang terdapat pada area taman kepada jenis tanaman yang ditanam secara bergerombol.


(Muhammad Ridho) #2

Lili Paris dari kelompok variegata yang daunnya bergaris-garis hijau-putih betapa indahnya tanaman ini jika ditanam dengan aturan tertentu,misalnya jika digunakan sebagai border taman, ground cover ataupun sebagai focus spot sebuah taman.

Lili Paris atau Rumput Laxum, sebenarnya tanaman yang sangat mudah perawatannya. Untuk menanamnya kita hanya perlu menggali sedikit tanah di sekitar akarnya, agar bisa mencabut tanaman seutuhnya berikut akar/rimpangnya. Karena jika kita cabut begitu saja, dan jika kurang hati-hati,mungkin saja yang tercabut adalah daunnya saja sedangkan rimpangnya masih tertinggal di dalam tanah.Kita tinggal memisahkan anakannya lalu menanamnya di tempat lain yang kita inginkan.

Karena keindahan tanaman ini terletak pada daunnya dan bukan pada bunganya yang terlalu kecil untuk dinikmati, maka sebaiknya diletakkan di tempat dimana kita bisa melihat daunnya secara keseluruhan. Misalnya ya itu untuk boder taman.

Kalau dibandingkan tanaman lain, perawatannya juga termasuk sangat mudah. Termasuk jenis yang tahan banting, karena jika kita tanam di halaman dan tak sempat merawatnyapun tanaman ini masih tetap bertahan hingga berbulan-bulan atau bahkan beranak pinak. Walaupun tentu tidak sesehat jika kita memeliharanya dengan baik. Kita cukup menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang pada saat menanamnya. Atau kalau tidak, bisa juga memanfaatkan sekam yang biasanya digunakan sebagai media oleh tukang tanaman jika kita membeli anakannya dalam polybag. Penggunaan pupuk nitrogen secara berkala tentu akan membantu membuat tanaman ini terus tumbuh subur dan memamerkan daun indahnya.

Pada dasarnya tanaman cukup toleran, baik jika dtanam di area yang kurang cahaya matahari maupun jika terkena cahaya matahari langsung. Namun pengalaman saya, biasanya yang ditempat sedikit teduh akan menghasilkan warna yang optimal. Warna yang terbaik adalah yang memiliki porsi putih lebih banyak dibanding porsi hijaunya. Setahu saya tukang tanaman juga suka menghargakannya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang warna hijaunya lebih dominan. Namun menurut saya, sebenarnya keindahan itu sangat relative dan kontekstual. Tergantung dari apa yang kita sukai dan dalam kaitan apa kita melihatnya. Sehingga Lili Paris yang hijau terkadang justru menjadi terlihat paling indah dan paling eksotik, misalnya jika semua yang kita lihat adalah daun belang dengan putih kebanyakan, sementara yang hijau cuma sedikit – tentu si hijau sekarang akan terlihat lebih istimewa dibanding yang lainnya. Jadi menurut saya, apapun kombiansi warnanya tetap akan terlihat indah-indah saja tergantung pintar-pintarnya kita mengatur.

Menurut tukang tanaman, selain Lidah Mertua yang dikenal sebagai tanaman penyerap polutant, tanaman Lili Paris juga banyak diborong untuk taman perkantoran untuk meredam polusi. Jadi benefitnya sangat banyak jika kita tanam di halaman rumah kita sendiri.


(Bibin) #3

Tanaman day lily merupakan jenis tanaman berbunga yang memiliki warna dan keunikan pada bunga. Sosoknya yang cantik bisa menjadikan halaman rumah nampak asri dan menyegarkan. Sebuah kuntum bunga yang akan muncul dapat dianalogikan seperti terompet yang tumbuh dari bawah tanah. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana jadinya bila tanaman berbunga cantik ini dijadikan sebagai komponen border taman