Jenis Software Apakah yang Akan Dibutuhkan Masyarakat pada 5-10 Tahun yang Akan Datang?


(Brian Nur Islahuddin) #1

Belakangan ini, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan sesuatu tanpa harus bersusah paya jika melakukannya secara manual, salah satu contohnya adalah aplikasi ojek online. Lalu, jenis software apakah yang akan dibutuhkan masyarakat pada 5-10 tahun kedepan?


(Himawat Aryadita) #2

##Sosial media berbasis video

Menurut Nicola Mendelsohn, vice president for Facebook in Europe, the Middle East, and Africa, sosial media (begitu juga dengan facebook) video live sharing akan menjadi fitur utama facebook pada 5 tahun yang akan datang.

If I was having a bet, it’d be video, video, video.”
Video content on Facebook is growing even more quickly than the company anticipated. And the social network’s new live video feature is also “a bigger, faster phenomenon” than Facebook expected.” menurut Mendelsohn

Menurut Mendelsohn, rata-rata pengguna Facebook melihat video melalui smartphone adalah sekitar 100 juta jam per hari. Sedangkan penggunaan text posts pada Facebook selalu menurun setiap tahunnya.

##Pembayaran dengan menggunakan Smartphone

Pembayaran dengan menggunakan smartphone akan menjadi tren di masa yang akan datang. Mengingat mobilitas dan kesibukan manusia semakin meningkat.

Mengambil dari infografik forbes terkait dengan mobile payment, ada 3 perusahaan yang saling bersaing, yaitu Samsung pay, Android pay dan Apple pay.

##No-Touch Interfaces

Bagaimana kita berinteraksi dengan device akan mengalami perubahan yang sginifikan. Saat ini ada banyak perusahaan yang bersaing dalam teknologi No-Touch Interfaces, antara lain, Apple Siri, Amazon Echo dan Google Home. tidak menutup kemungkinan perusahan-perusahaan lainnya ikut berkompetisi di area tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, maka interaksi manusia dengan komputer juga akan mengalami perubahan.

Referensi :