Jenis Primer untuk Makeup yang Sempurna

Ada berbagai jenis primer yang ditawarkan berbagai merk makeup, mulai dari untuk meratakan warna kulit, menahan minyak, menambah kilau, sampai memperhalus tekstur wajah.

Kulit Berminyak
image

Untuk kulit berminyak, primer yang direkomendasikan adalah oil-free, dan berbahan dasar air. Formula ini dapat membantu menahan dan mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta menyamarkan tekstur kulit. Jika diperkaya antioksidan, primer itu dapat melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

Kulit kering

Kulit kering berarti membutuhkan kelembapan ekstra. Primer dengan formula yang menghidrasi dapat menjaga kulit dari rasa kering selama seharian. Tambahan zat seperti hyaluronic acid membantu menghidrasi kulit, serta memberikan kesan tampilan glowy pada wajah.

Sumber:
https://saliha.id/wellness/article/12001081217-200517-yuk-mengenal-8-jenis-primer-untuk-makeup-yang-sempurna

1. Blurring / Pore-Minimizing
image

Jika Anda bermasalah denga tekstur wajah yang kurang merata, baik karena pori-pori besar maupun kerutan, menggunakan primer berjenis blurring atau pore-minimizing dapat menjadi solusi. Primer jenis ini memiliki formula yang akan ‘mengisi’ pori-pori atau kerutan sehingga akan tersamarkan dan mambuat wajah tampak lebih halus. Umumnya, primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer atau silicone yang dapat mengisi celah maupun kerak-kerak, termasuk keriput pada kulit dan membentuk lapisan segel di atas kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lembut, halus, velvety , dan flawless .

2. Color-Correcting
image

Nah, pilihan jenis primer selanjutnya adalah Color-Correcting. Sesuai namanya, mungkin Anda sudah bisa menebak kegunaan dari primer ini, yaitu meratakan warna kulit Anda. Color-correcting bekerja dengan konsep roda warna, di mana tiap warna akan ‘menghapuskan’ warna yang berlawanan. Misalnya, warna hijau akan menyamarkan warna kemerahan akibat jerawat atau warna pink akan mencerahkan area bawah mata yang gelap. Jenis primer ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah warna complexion yang tidak merata sehingga Anda dapat mengurangi penggunaan foundation atau concealer yang terlalu tebal dengan bantuan primer ini.

3. Mattifying
image

Foundation Anda tidak pernah awet seharian karena kulit Anda terlalu berminyak? Dengan bantuan primer berjenis mattifying, dijamin foundation Anda akan lebih awet. Primer jenis ini diformulasikan agar dapat menyamarkan tampilan pori-pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Jika Anda memiliki tipe kulit kombinasi, Anda dapat menggunakan mattifying primer hanya pada bagian wajah yang kerap berminyak seperti T-Zone.

4. Illuminating
image

Jika Anda menyukai hasil akhir makeup yang tampak dewy dan glowing , Anda dapat memulainya dengan pilihan jenis primer Illuminating. Primer Illumating diformulasikan agar membuat kulit Anda tampak halus sekaligus glowing . Jenis primer ini juga cocok digunakan jika Anda malas menggunakan foundation , namun tetap ingin wajah yang halus bercahaya. Karena hasil akhirnya, primer ini dapat membantu membuat wajah yang kusam agar tampak lebih cerah.

5. Hydrating
image

Kulit yang kering adalah salah utama hasil foundation tampak tidak merata, bahkan patchy atau flaky . Oleh karena itu, jika Anda memiliki tipe kulit kering, Anda dapat mencoba jenis primer Hydrating yang memang dikhususkan untuk kulit kering. Kini, semakin banyak juga brand yang mengkombinasikan skin care ke dalam rangkaian produk makeup -nya, termasuk primer. Sehingga lahirlah hydrating primer yang didesain agar dapat membantu melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur kulit, Foundation pun dapat lebih mudah diaplikasikan dan terlihat lebih flawless .