Jenis musik apa saja yang bisa mempengaruhi mood seseorang?

musik dan suasana hati

Para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendengarkan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh menghasilkan dopamin. Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Jenis musik apa saja yang bisa mempengaruhi mood seseorang ?

Ada beberapa genre atau jenis musik yang bisa Anda dengarkan dan semuanya akan mempengaruhi mood Anda. Tergantung seperti apa kondisi atau mood yang Anda rasakan sekarang, tapi ketika Anda mendengarkan semua genre tersebut atau beberapa di antaranya saja, mood Anda akan jadi lebih pas seperti yang Anda inginkan.

  1. Blues — Jika Anda merasa sedikit gugup atau gelisah, Anda mungkin ingin mendengarkan musik blues. Ritme musiknya bisa sedikit memperlambat detak jantung Anda dan membuat Anda tenang.

  2. Rock & punk – Musik satu ini memang enerjik dan bisa mendorong tingkat mood Anda. Jika Anda menikmati musik rock dan punk, adrenalin dan dorongan energi Anda akan jauh meningkat. Rasanya membuat Anda ingin mengangguk dan berjingkrak-jingkrak.

  3. Reggae — Genre atau jenis musik satu ini cocok bagi Anda yang emosinya sering meledak-ledak. Reggae adalah salah satu genre musik yang bisa menenangkan Anda. Beberapa orang bilang genre reggae memiliki ritme musik yang menyehatkan untuk jantung manusia, khususnya ketika mendengarkannya saat beristirahat.

  4. Pop/rock mainstream — Mendengarkan musik yang mainstream di pasaran, seperti di TV, radio, internet, baik itu pop atau rock bisa membantu Anda ketika Anda ingin berolahraga setelah selesai bekerja, tapi Anda merasa malas melakukannya. Tempo yang menenangkan dan ritme yang mudah dicerna (termasuk liriknya) membuat detak jantung Anda normal dan nafas konsisten.

  5. Dance — Lagu bergenre dance akan membuat Anda merasa lebih baik dengan cepat. Tempo yang cepat dan tingginya tingkat energi yang dimiliki akan membuat Anda bergoyang.