Jenis kura-kura apa saja yang harganya mahal ?

Kura-kura

Kura-kura dan penyu adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku.

Jenis kura-kura apa saja yang harganya mahal ?

Hai semua kembali lagi di artikel dictio, website yang membahas tentang berbagai macam artikel dan ilmu pengetahuan. Nah kali ini saya sebagai penulis akan menjelaskan tentang kura-kura termahal dengan harga yang fastastis.

Sumber : Reptilnesia.com

Kura-kura merupakan [hewan unik yang terkenal lamban dalam bergerak. Namun tetap banyak orang yang menyukainya. Bahkan berani membayar mahal untuk mendapatkannya. Jenis kura-kura sangat banyak yang tersebar di seluruh dunia. Namun beberapa kura-kura yang sangat unik populasinya sudah sangat sedikit dan termasuk [hewan langka. Dengan kelangkaannya tersebutlah membuat kura-kura jenis tersebut sangat mahal. Namun perlu diingat, kura-kura langka yang dilindungi tidak boleh untuk diperjual-belikan.

Kura-kura Yniphora ( Ploughshare Tortoise )

Kura-kura Yniphora

Kura-kura Yniphora merupakan kura-kura yang habitat asalnya dari Madagaskar. Jenis kura-kura darat ini populasinya sangat memprihatinkan dan hampir punah. Untuk menyelamatkan kura-kura yniphora, kura-kura ini dimasukan ke daftar hewan yang dilindungi. Selain itu, pemerintah setempat juga melakukan penangkaran.

Ukuran dari kura-kura jantan lebih besar dari ukuran tubuh kura-kura betina. Bobot kura-kura yniphora jantan mencapai 1kg dengan panjang sekitar 43 cm. Sedangkan kura-kura yniphora betina hanya memiliki bobot 8-9kg dengan panjang sekitar 37 cm. Kura-kura langka ini memiliki harga yang cukup fantastis yaitu 40-100 juta rupiah.

Kura-kura Aldabra ( Aldabra Tortoise )

image

Karena habitat dari jenis kura-kura ini berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycellessalah, maka kura-kura ini diberi nama kura-kura aldabra. Aldabra merupakan kura-kura terbesar kedua dengan bobot 25kg dan panjang tubuh mencapai 1,2 meter. Tempat hidup asli kura-kura aldabra yaitu di rerumputan, semak belukar dan kayu di hutan bakau. Keunikan dari jenis kura-kura ini yaitu lehernya dapat memanjang yang berfungsi untuk mencapai makanan yang tinggi.

Kura-kura Chery Head ( Cheryhead Tortoise )

image

Jenis kura-kura yang memiliki nama ilmiah Geochelone carbonaria ini banyak ditemukan di negara Brasil dan Paraguay. Sisik kepala yang dimiliki kura-kura chery head berwarna merah atau oranye seperti buah chery . Itulah alasannya mengapa diberikan nama chery head . Habitat asli kura-kura chery head yaitu di padang rumput dekat hutan tropis. Ukuran tubuh jenis kura-kura ini tidak begitu besar, hanya sekitar 30 cm. Harga yang ditawarkan untuk kura-kura chery head yang masih kecil yaitu 1,5-2 juta rupiah.

Kura-kura Radiata ( Radiated Tortoise )

image

Sama seperti kura-kura yniphora, kura-kura radiata juga berasal dari Madagaskar. Dan juga sama populasinya hampir punah dan masuk ke daftar hewan yang dilindungi. Ini semua disebabkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang telah memperjual belikan jenis kura-kura ini dalam jumlah besar.

Habitat asli kura-kura radiata yaitu di rerumputan dan semak-semak. Jenis kura-kura ini yang dewasa memiliki bobot tubuh sekitar 16kg dengan panjang tubuh mencapai 41 cm. Dengan keunikan corak tubuhnya yang mencolok, sehingga banyak yang menyukainya.

Kura-kura Sulcata ( African Spurred Tortoise )

image

Jenis kura-kura yang berasal dari Afrika ini banyak diminati para pecinta kura-kura. Sehingga harga yang ditawarkan untuk kura-kura sulcata yang masih kecil yaitu sekitar 1-2 juta rupiah. Panjang kura-kura sulcata sekitar 60-90 cm.

Istar ( Indian Star Tortoise )

image

Jenis kura-kura ini banyak dijumpai di negara India, Sri Lanka dan sekitarnya. Dengan corak yang dimilikinya seperti bintang, maka nama yang diberikan kepada jenis kura-kura ini yaitu istar. Ukuran tubuh kura-kura ini memiliki panjang sekitar 38 cm dengan bobot mencapai 8kg. Harga di pasaran sekitar 800ribu hingga 1juta rupiah.

Emys ( Asian Forest Tortoise )

image

Kura-kura yang satu ini banyak di temukan di wilayah Asia, terutama di Indonesia. Tempurung yang dimiliki oleh jenis kura-kura ini berwarna hijau gelap. Habitat asli kura-kura emys yaitu di semak belukar atau rerumputan. Emys merupakan jenis kura-kura yang sangat mudah perawatannya. Harga kura-kura emys di pasaran yaitu sekitar 700ribu hingga 1,2juta rupiah.

Itulah pembahasan tentang 7 kura-kura dengan harga yang fantastis, semoga bermanfaat. Terima kasih.