Jenis Ikan Apa yang Dapat Dijadikan Bahan Pempek?

Berikut adalah ilustrasi Pempek Palembang images

Ikan yang enak untuk bahan pempek antara lain:

  1. Ikan Belida

Sebenarnya ikan inilah yang pada awalnya merupakan bahan utama pempek. Namun karena mutu sungai habitatnya kian lama kian rusak, ikan ini pun jadi jarang ditemui. Namanya memang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan. Selain di Sumatera, jenis ikan satu ini juga dapat ditemui di Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaysia. Ikan belida juga menjadi bahan baku kerupuk kemplang khas Palembang.

  1. Ikan Gabus

Ikan yang juga hidup di air tawar ini memiliki kandungan albumin, salah satu jenis protein yang tinggi dan berfungsi baik untuk penyembuhan luka. Nilai ekonominya juga cukup bagus. Di wilayah seperti Sumatera dan Kalimantan, ikan gabus kerap diasinkan sebelum menjadi bahan komoditi mahal.

  1. Ikan Tenggiri

Meski ikan laut seringkali amis ketika diolah menjadi pempek, namun tidak dengan ikan satu ini. Bahkan kini setelah ikan belida jarang ditemui, ikan tenggirilah yang sering diolah sebagai bahan utama pempek. Rasanya, sudah tidak usah diragukan lagi lezatnya.

  1. Ikan Kakap Merah

Meski ikan laut ini tidak segurih tenggiri ketika dipakai sebagai bahan pempek, namun tak kalah sebagai bahan alternatif favorit.

sumber:
http://dining.grivy.com/h/i/132591797-ikan-paling-enak-untuk-dibuat-pempek

1 Like