Jenis gecko yang cocok untuk dipelihara

Jenis-tokek-Leopard-Gecko

jika ingin memelihara gecko, ada beberapa jenis gecko yang cocok untuk dipelihara, apa sajakah itu?

2 Likes

Setidaknya ada 5 jenis gecko yang bisa kamu pelihara

  1. Gecko Leopard
    image
    Pertama, ada gecko atau tokek hias yang sangat cantik dan cocok untuk dipelihara. Bahkan gecko yang satu ini menjadi tokek hias paling banyak digemari oleh orang orang. Bukan karena ukuran tubuh, namun karena kecantikan warna yang menempel pada kulit gecko ini. Umumnya gecko leopard memiliki corak warna kuning dengan taburan bintik coklat sehingga terlihar exsotis. Tak hayal, tiap ekor hewan kecil ini dijual dengan harga lumayan mahal karena sulitnya ditemukan dan keindahan gecko leopard. Bila anda ingin tahu, hara untuk satu ekor gecko ini mencappai 700 ribu ada juga yang mencapai 1 juta Rupiah.

  2. Giant Day Gecko
    image
    Selanjutnya ada giant day gecko. Harga yang ditawarkan dari tokek ini lebih mahal dari gecko yang pertama. Giant day memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk tubuh yang besar. Juga warna cerah yang menempel diseluruh tubuh gecko ini tanpa ada corak warna lain. Sehingga terlihat cerah menyala, biasanya berwarna merah penuh atau hijau penuh. Gecko asli madagaskar ini dapat tumbuh besar hingga mencapai setengah meter atau 30 cm. Untuk harga gecko Giant Day 2017 sudah melonjak drasti. Tiap ekor gecko giant day dijual dengan harga 1 sampai 2 juta Rupiah.

  3. Gecko White Line
    image
    Gecko yang memiliki garis memanjang ditubuhnya sesuai nama yang diberikan “white line” atau garis putih. Gecko ini berukuran lebih kecil dibanding gecko lain. Tokek satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tidak galak dan tidak suka menggigit. Gecko White line juga lebih mudah berinteraksi dengan manusia dan tidak takut. Tokek yang satu ini harganya tahun 2017 lebih murah dibanding gecko yang lain. Umumnya tiap ekor harga 2017 dijual 250 ribu saja.

  4. Gecko Gargoyle
    image
    Jika anda suka tokek yang bagus dan mengerikan maka pilihlah gargoyle gecko. Tokek ini memiliki bentuk fisik yang keren dan menyeramkan dibanding tokek hias lainnya. Jangan salah, walaupun terlihat ganas namun sifatnya tidak ganas, gecko ini juga mudah berinteraksi dengan manusia sehingga dapat anda jadikan peliharaan yang bagus dan aman dirumah. Uniknya lagi, tokek ini dapat menemani hidup anda karena umur tokek ini dapat mencapai 20 tahun, jadi anda tak perlu sering membeli tokek yang berumur pendek. Untuk harganya sudah tentu mahal, karena banyak keunggulan tokek gargoyle ini. Tiap ekornya dibandrol dengan harga 1 juta Rupiah.

  5. Gecko Ocelot
    image
    Gecko Ocelot juga asalnya dari madagaskar. Memang, madagaskar manjadi habitat paling bagus untuk ditinggali oleh tokek tokek premium, alhasil dari berbegai jenis tokek hias, banyak sekali yang berasal dari madagaskar. Tokek ocelot merupakan salah satu tokek yang memiliki bercak warna indah dan rapi disekujur tubuhnya. Warna warna yang menempel pada gecko ini sesuai dengan warna lingkungannya hingga dapat menyesuaikan dengan tempatnya. Harga untuk satu ekor gecko ini tahun 2017 dijual kisaran 500 ribu Rupiah.

Jenis-jenis Leopard Gecko

Eublepharis macularius atau lebih dikenal dengan leopard gecko merupakan salah satu reptil yang sangat populer saat ini. Pemeliharannya yang mudah, sifatnya yang jinak, variannya yang banyak, dan proses breeding yang mudah membuat hewan ini menjadi pilhan terbaik untuk pemula yang ingin memelihara reptil.

  1. Normal
    image
    Morph normal mempunyai warna kuning pucat dengan banyak spot hitam di tubuhnya. Sepintas hampir mirip dengan tangerine dan hi yellow. Perbedaannya tangerine mempunyai warna oranye, sedangkan hi yellow mempunyai warna kuning cerah. Tangerine yang memiliki sedikit spot di badan dan kepala disebut hypo tangerine.

  2. Albino
    image
    Pada dasarnya, albino pada leopard gecko ada tiga jenis. Akan tetapi, antara jenis yang satu dengan lainnya memiliki perbedaan DNA. Karena itu, jika albino berbeda jenis disilangkan tidak akan menghasilkan albino baru. Persilangan albino yang berbeda justru akan membuat rancu genetik keturunannya. Berikut ini jenis-jenis strain albino :

  • Tremper albino
  • Rainwater albino
  1. Blizzard


    Blizzard pertama kali ditemukan oleh Jay Villa pada tahun 1995. Penampakan fisik dari bilzzard dewasa sangat mirip dengan murphy patternless. Ciri fisk dari blizzard adalah tidak memiliki pattern di bagian tubuhnya. Warna tubuhnya bervariasi, dari putih, kuning, hingga ungu tua.

  2. Eclipse
    Sedang mengunggah image.png(1)…
    Eclipse merupakan morph simple resesif. Cirinya mempunyai mata yang dapat berbentuk solid eyes atau snake eyes (sebagian). Ciri lainnya, eclipse memiliki hidung dan kaki berwarna putih. Kesalahan seringkali terjadi ketika beberapa morph seperti blizzard, mack snow, enigma, super snow, dan lainnya memiliki mata menyerupai eclipse.

  3. Snow
    image
    Morph snow pada leopard gecko terdiri dari empat strain, yakni mack snow, TUG snow, gem snow, dan linebreed snow. Ciri dari snow adalah saat berukuran baby, warna tubuhnya hitam dan putih. Ketika beranjak dewasa akan muncul warna kuning dan spot hitam mulai pecah.

  4. Enigma
    image
    Ditemukan oleh mark Bell pada tahun 2006. Enigma memiliki sifat genetik dominan. Ciri fisik dari enigma adalah memiliki warna dan pattern yang acak dan memiliki ekor berwarna putih. Enigma disebut juga sebagai color enhancer karena morph ini memiliki kecenderungan mempercerah warna. Meskipun demikian, sifat pencerah warna ini muncul secara random sehingga terkadang tidak muncul pada keturunannya.

  5. Subspecies
    image
    Beberapa subspecies yang berhasil ditemukan diantaranya Eublepharis macularius, Eublepharis macularius montanus, Eublepharis macularius afganicus, eublepharis macularius fasciolatus (berasal dari Afghanisatan Pakistan, dan India), Eublepharis turkmenicus (berasal dari daerah perbatasan Turkmenistan dan Iran), serta Eublepharis fuscus dan Eublepharis hardwicki yang keduanya berasal dari India.

    Dari sekian banyak subspecies, eublepharis macularius merupakan jenis yang paling banyak beredar di Indonesia. Hampir semua gecko yang beredar di Indonesia berasal dari jenis ini. Ciri fisiknya adalah memiliki warna kuning pada tubuhnya dengan banyak spot hitam. Eublepharis turkmenicus memiliki warna kuning dan lavender di badannya dengan banyak spot hitam di kepalanya.

Referensi

Depok Reptile Amphibi Community (DeRIC). 2012. Memilihi dan Memelihara 35 Jenis Reptil dan Amfibi Paling Digemari. Jakarta : Agromedia Pustaka.