Jenis beras yang pulen dan enak dimakan

  1. Menthik SusuBeras Jepang asal Magelang ini bentuknya bulat lonjong, lebih gemuk dan berwarna putih susu. Beras organik ini mengandung cukup nutrisi dan tinggi mineral. Kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai. Aman dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo.

  2. Menthik WangiBentuknya mirip dengan pandan wangi yang bulat. Namun warna sedikit kusam dan berasnya beraroma wangi. Karena kandungan gulanya lebih rendah, jenis beras organik ini dapat mengontrol gula dalam darah.

  3. Beureum SengitVarietas lokal asal Cianjur ini memang nyaris punah, harganyapun mahal. Disebut juga beras merah wangi. Ketika nasi masak aroma yang keluar begitu wangi dan enak rasanya. Beras ini mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol.

  4. Pandan WangiBeras asal Cianjur ini memiliki kualitas terbaik dengan warna dan rasa yang sempurna. Aroma, rasa, warna serta bentuknya memiliki cita rasa tersendiri.

  5. RojoleleRojolele merupakan salah satu jenis beras lokal Jawa Tengah. Bentuknya memanjang dan putih cerah sekilas mirip dengan beras IR. Namun rasa dan kualitasnya jauh berbeda. Saat dimasak nasinya terasa pulen dan wangi.

  6. RamosBeras ramos merupakan beras jenis IR yang ditanam di Jabar dan banyak digemari. Nasinya terasa pulen namun tidak lengket dan gurih ketika dimasak. Buliran berasnya panjang dan tidak beraroma pandan.

Terimakasih atas informasinya, ternyata beras di Indonesia memang sangat kaya dan beragam. Salah satu sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Belum makan namanya kalau belum makan nasi.” Ungkapan itu tentu sangat familiar terdengar di Indonesia. Saking senangnya orang Indonesia makan nasi maka selalu muncul inovasi-inovasi baru untuk memperkaya varietas beras. Hal itu tentu dilakukan untuk memberi banyak pilihan kepada masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi atau mengolah nasi sebagai makanan pokok.