Jembatan Asmara Coban Talun

Selamat siang teman-teman!
Ada cerita mistis mengenai jembatan asmara coban talun. Coban Talun berada di daerah Batu, Jawa Timur. Jembatan ini menghubungkan area check point dengan air terjun. Jembatan ini memiliki lebar satu meter dengan panjang 14 meter.

Jembatan tersebut tersusun dari kayu dan bambu. Konon, sepasang kekasih yang bisa melintasi jembatan ini maka hubungannya akan awet. Mitos ini dipercaya di masyarakat sekitar.

"Dulu jembatan tersebut merupakan tempat bertemunya pangeran dari Kerajaan Kediri bernama Jaya Nalendra dengan Dewi Seruni,” Samsul Hadi, koordinator wisata Coban Talun.

memang dari sumber yang saya baca, Ceritanya pangeran tersebut awalnya sedang melakukan pertapaan di bukit Kalindra yang letaknya tak jauh dari air terjun Coban Talun. Pertapaan tersebut dalam rangka mencari jodoh. Setelah mendapatkan petunjuk, sang pangeran berjalan ke arah utara dan sampai di sungai dekat jembatan.

Di jembatan itulah ia melihat seorang gadis cantik yang sedang mengambil air. Gadis tersebut tak lain adalah Dewi Seruni, anak seorang resi bernama Ki Ageng Tritih. Berawal dari pertemuan tersebut selanjutnya sang pangeran dan Dewi Seruni pun menjadi sering bertemu dan akhirnya jatuh cinta.

Kisah inilah yang menginspirasi para wisatawan untuk mendatangi tempat ini sekedar untuk melihat, berfoto, dan melintasinya menuju air terjun. Untuk menuju air terjun terdapat dua jembatan, yang satu jembatan tersusun dari bambu, dan yang lainnya tersusun dari kayu.