Jelaskan yang dimaksud dengan makna gramatikal?

image

Dalam dunia sastra cara memaknai sebuah karya sastra terdapat metode yang bermacam-macam. Salah satunya adalah dengan cara makna gramatikal. Jelaskan apa itu makna gramatikal dan berikan contohnya?

Makna gramatikal adalah makna dasar sebuah kata yang berubah menjadi makna yang baru. Adapun makna baru tersebut hadir karena adanya proses gramatikalisasi (pengimbuhan, pengulangan kata, pemajemukkan kata) yang terjadi pada kata tersebut, sehingga kata tersebut mengalami perubahan makna sekaligus bentuknya.

Contoh makna gramatikal
Dalam kbbi.kemendikbud, pagi dimaknai sebagai bagian awal dari hari ayau waktu setelah matahari terbit. Namun setelah digramatikalisasi–baik itu dengan pengimbuhan, pengulangan kata, ataupun pemajemukkan kata, maka kata ini pun mempunyai makna dan bentuk yang baru, yaitu:

  1. Kepagian: kata ini merupakan perubahan bentuk kata pagi yang diberi imbuhan ke-an. Adapun makna yang terkandung dalam kata ini adalah terlalu pagi.
  2. Pagi-Pagi: kata ini kata ini merupakan perubahan bentuk kata pagi yang mengalami pengulangan kata. Adapun makna kata ini adalah pagi sekali, atau masih awal.
  3. Pagi Buta: kata ini merupakan perubahan kata pagi yang terjadi setelah kata tersebut digabungkan dengan kata buta. Adapun makna kata ini adalah pagi-pagi benar atau sebelum matahari terbit.

Sumber