Jelaskan Tempat di Filipina yang mirip Indonesia !

image

Negara yang berada di sebelah utara kawasan Asia Tenggara itu memang terkenal punya banyak tempat wisata yang indah. Mulai wisata alam hingga theme park-nya. Namun, ternyata, beberapa di antaranya memiliki kemiripan dengan yang ada di Indonesia.

1. Chocolate Hills mirip dengan Gili Laba Labuan Bajo.
image

Chocolate Hills dapat disaksikan dari gardu pandang yang ada di Carmen. Bukit ini merupakan salah satu fenomena alam yang terbentuk akibat peristiwa geografis. Disebut Chocolate Hills karena perbukitan yang terbentang ditutupi rumput ini, kalau terkena matahari, warnanya berubah menjadi cokelat. Seperti bukit yang bisa kita lihat dalam film animasi Teletubbies.

Bukit tersebut membentang sekitar 50 kilometer persegi dengan jumlah gundukan mencapai 1.700. Chocolate Hills sudah terdaftar dalam situs warisan UNESCO.

Sebenarnya, bukit ini mirip dengan yang ada di Labuan Bajo, yakni Bukit Sylvia atau juga Gili Laba. Bedanya, di Bajo, bukit tersebut dikelilingi oleh laut lepas. Tak perlu jauh-jauh ke Filipina untuk berjumpa dengan bukit menggemaskan bak tempat tinggal Tinki Winki, Dipsy, Lala, dan Po tersebut.

2. Teras Sawah Banaue mirip Tegalalang Bali.
image

Teras sawah atau persawahan berbentuk terasering yang rapi di Filipina ini memiliki usia yang cukup tua. Kira-kira umurnya 2.000 tahun. Lokasinya di Provinsi Ifugao.

Kabarnya, menurut cerita penduduk lokal, teras sawah dibangun orang-orang asli suku Batad secara manual, tanpa alat berat dan mesin apa pun. Letaknya yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut itu membikin sawah bernuansa sejuk. Apalagi diapit pegunungan.

Usut punya usut, sawah yang membentang di lahan 10.360 kilometer persegi itu mirip persawahan di Tegalalang, Bali. Bentuk terasering, atmosfer, dan lanskap pegunungan yang melatarbelakanginya pun tak jauh berbeda. Apalagi, Tegalalang juga sudah mendunia, tak kalah dengan Banaue.

  1. Manila Ocean Park mirip dengan Seaworld Ancol.
    image

Tempat ini dikenal sebagai salah satu oceanarium terbaik di Asia Tenggara. Manila Ocean Park mulai dioperasikan pada Maret 2008 oleh perusahaan bernama China Oceanis Filipina Inc, anak perusahaan China Oceanis Inc.

Oceanarium ini menampilkan beragam spesies ikan yang ada di dunia. Jumlahnya mencapai 400 ekor. Di taman seluas 8.000 meter persegi itu, pengunjung bisa ber-snorkeling dan diving layaknya di laut.

Namun, bila tak ingin jauh-jauh ke Filipina, cukup pergi ke Seaworld yang berada di Ancol, Jakarta. Koleksi ikannya tak jauh berbeda dengan yang ada di Manila Ocean Park. Secara fisik, bangunan keduanya mirip. Wisatawan bakal diajak berkelana di lorong-lorong kaca layaknya sedang berada di bawah samudera. Hanya, Seaworld Ancol memiliki luas bangunan yang lebih kecil, yakni 4.500 meter persegi.

Referensi : https://travel.idntimes.com/destination/francisca-christy/7-tempat-wisata-di-filipina-yang-mirip-dengan-indonesia-1/full