Jelaskan prinsip-prinsip ideologi sosialisme?

suara-sosialis

Jelaskan prinsip-prinsip ideologi sosialisme ?

Sosialisme memiliki prinsip-prinsip dalam menegakkan suatu pemerintahan dan negara dalam mewujudkan kepentingan rakyat keseluruhan. Ini meliputi masalah agama, idealisme etis dan estetis, empirisme dan liberalisme.
Dapat dijelaskan prinsip-prinsip sosialisme sebagai berikut :

  1. Masalah agama, dalam pembentukan gerakan sosialis pengaruh agam merupakan yang paling kuat. Menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan doktrin keagamaan, sosial dan ekonomi serta banyaknya jumlah sekte keagamaan telah membuktikan betapa adanya ajaran yang dipegangnya. Hal ini tampak terlihat di Inggris pada masa itu menurut Attle. Hal ini karena dulu ada gerakan Kristiani Sosialis yang beranggapan bahwa agama harus disosialisasikan dan sosialisasi harus dikristianikan.

  2. Idealismeetis dan estetis. Ini menjadi sumber sosialisem di Inggris, Jhon Ruskin dan William Morris mengungkapini bukan suatu program politik atau ekonomi, tetapi merupakan pemberontakan melawan kemelaratan, kebosanan, dan kemiskinan hidup dibawah kapitalisme sendiri.

  3. Empirusme Fabian. Ini merupakan ciri gerakan sosialis Inggris yang paling khas. Masyarakat fabian didirikan pada tahun 1884, serta mengambil nama seorang romawi, yakni Quintus Febius Maximus. Moto awal dari masyarakat ini adalah "engkau harus menunggu saat yang tepat; kalau saat yang tepat itu tiba engkau harus melakukan serangan yang dahsyat, sebab jika tidak penundaan yang engkau lakukan itu akan sia-sia dan tidak akan membawa hasil. Dalam hal politik menghendaki suatu hal perubahan masyarakat secara konstitusional.

  4. Liberalisme, ini telah menjadi sumber yang semakin penting bagi sosialisme, terutama sejak partai liberal merosot peranannya dibanyak negara. Dalam sosialisme juga masih banyak kecenderungan berorientasi pada negara, massa, kolektivitas. Kedua kecenderungan ini masih suka menjadi seorang pribadi dan bukan sekedar menjadi anggota dalam Daftar Nasional.

Sumber: Syam Firdaus, 1985, Pengantar Ideologi dan Prinsip-Prinsip Kemasyarakatan Dalam Islam, HMI Cabang Jakarta: Jakarta.
Syam Firdaus, 2007, Pemikiran Politik Barat, PT Bumi Aksara: Jakarta