Jangan Minta Maaf! Public Speaking and Communication Skills

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum wajib dimiliki setiap orang dan profesi apa pun. Dengan memiliki kemampuan public speaking maka seseorang dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas profesinya, termasuk dalam berinteraksi dengan orang lain. Melalui kemampuan ini seseorang mampu menyampaikan isi di dalam pikirannnya dalam presentasi lisan yang luar biasa. Seseorang mungkin memang mampu berkomunikasi lewat tulisan dengan baik, namun tidak dapat menyampaikan secara lisan dengan baik. Di sinilah nilai komunikasi makin terasa, lebih lagi dengan pemilhan kata yang tepat, cara penyampaian yang powerful, dan intonasi yang pas karena audiens akan lebih dulu menilai bagaimana cara penyampaian dibandingkan isi yang disampaikan.

Buku yang berjudul Jangan Minta Maaf! Public Speaking and Communication Skills ini menjelaskan hal-hal yang harus dipelajari dalam menguasai teknik public speaking yang baik beserta tips yang sangat berguna. Mengetahui tema acara dan dimana tempat kita berbicara, siapa audiensnya, keefektifan kata yang digunakan, sikap yang diambil ketika melakukan kesalahan, hingga ekspresi yang ditampilkan kepada audiens atau lawan bicara adalah hal penting dalam public speaking . Buku ini mengajarkan, sebelum menjual apa yang ingin disampaikan, seseorang harus terlebih dulu “menjual dirinya” agar lawan bicara tertarik dan penyampaian informasi berjalan lancar. Menjual diri disini berarti kita harus membuat diri kita dapat dipercaya oleh lawan bicara kita sehingga mereka dapat menerima pesan yang kita sampaikan.

Dalam buku ini, penulis menyampikan bahwa selain belajar untuk menjadi orang yang pandai bicara, kita juga perlu untuk belajar menjadi pendengar yang baik, karena pada hakikatnya komunikasi tidak hanya tentang berbicara, tetapi juga mendengarkan lawan bicara kita. Selain itu, penulis juga memberikan tips untuk dapat membangun kepercayaan serta hubungan yang baik dengan lawan bicara, karena keamanan dan kenyamanan adalah faktor dominan terbentuknya komunikasi antarpersonal yang efektif. Buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan public speaking dan komunikasi, karena disampaikan secara ringan dan mudah dipahami.

Kelebihan

Kelebihan dari buku ini adalah ditulis oleh seorang ahli dalam bidang public speaking dan komunikasi. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis sehingga banyak tips (saran-saran) yang dapat dijadikan rujukan oleh pembaca dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi dan public speaking. Ditambah dengan beberapa cerita pengalaman penulis serta ilustrasinya sebagai gambaran bagi pembaca. Selain itu, pembahasan dalam buku ini dikemas dengan kalimat yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Buku ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dibaca saat waktu luang, karena termasuk buku yang ringan dan sangat cocok dibaca oleh semua kalangan.

Kelemahan

Meskipun pembahasannya ringan dan menggunakan kalimat yang sederhana, terdapat pengulangan beberapa kalimat yang ditemukan pada beberapa bab buku ini. Padahal seharusnya hal tersebut tidak perlu dilakukan, karena sudah disebutkan dalam bab sebelumnya, sehingga tidak membingungkan pembaca.