Jangan Memaksa, Karena Sesekali Kamu Akan Merasa Rapuh Juga

Ada banyak orang yang memiliki kepribadian seperti ini, di mana mereka pada umumnya memang memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai hal sulit di dalam kahidupannya. Tidak suka mengeluh dan selalu memiliki segudang solusi untuk setiap permasalahan yang mereka hadapi. Semua akan terasa mudah di dalam pandangan mereka, sebab orang-orang seperti ini adalah mereka yang memiliki motivasi yang tinggi dan juga rasa percaya diri yang mumpuni. Namun, apakah mereka tidak pernah “jatuh” dan terpuruk?

Kamu bukan robot

Hidup memang tidak selalu mudah, bahkan untuk seseorang seperti kamu yang memiliki kepribadian tangguh dan kuat. Akan selalu ada masa di mana kamu begitu lelah dan merasa tidak mampu untuk menghadapi berbagai masalah, terutama jika masalah tersebut datang secara bertubi-tubi. Kamu tidak akan mengalami fase yang sama di dalam hidup ini, sebab waktu dan kebutuhan lainnya akan membawamu kepada masa-masa dan juga kondisi yang berbeda, itulah hidup yang sesungguhnya. Hidup yang berwarna dan memiliki banyak misteri yang belum tersingkap di depan matamu.

Untuk menjalani hidup yang seperti ini, sebesar apapun persiapan yang kamu miliki tidak akan pernah cukup, bahkan meski kamu telah menempa mental baja di dalam dirimu. Selalu ada waktu di mana kamu merasa lemah dan terpuruk, dan itu sesuatu hal yang sangat wajar, sebab kamu ini manusia, bukan?

Tidak perlu merasa berdosa atau sedemikian bersalah ketika harus menjadi sosok yang sedikit lemah, atau berbeda dari yang biasanya kamu tunjukkan. Semua orang juga pernah merasakan hal yang sama, bukan hanya kamu saja tentunya. Jangan memaksa untuk selalu berusaha untuk menjadi sosok yang sempurna di mata semua orang, sebab ini akan sangat melelahkan dan membuatmu muak dengan dirimu sendiri. Kamu tidak harus menjadi kuat setiap saat, di mana pada satu titik hal tersebut mungkin saja menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit atau bahkan mustahil untuk dilakukan.

Jangan Memaksa, Berhenti di saat yang tepat

Ketika dihadapkan pada masalah atau titik tertentu yang begitu berat di dalam kahidupanmu, maka akan sangat tepat jika kamu berhenti dan diam sejenak di sana. Jangan mamaksa, terutama jika ternyata kondisi sangat tidak memungkinkan untuk melakukan sebuah tindakan apapun juga. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan dan menimbulkan sejumlah masalah baru di masa yang akan datang.

Hidup tidak selalu berjalan mulus dan mudah, bahkan bagi mereka yang telah dipenuhi segudang pengalaman sekalipun. Terimalah bahwa sesekali kamu bisa juga gagal, tertunda, atau bahkan berada ada titik terendah sekalipun. Dalam kondisi seperti ini, berhenti dan tidak memaksakan diri adalah sebuah pilihan yang sangat bijak. Berikan maaf pada dirimu sendiri dan jangan selalu menyalahkan diri atas hal ini, sebab itu tidak akan memperbaiki apapun juga.

Jika kamu memiliki keberanian untuk menerima kenyataan dan juga kegagalan, maka kamu juga akan memiliki sebuah keberanian yang besar untuk menghadapi masa depan dan juga tantangan yang akan datang.

Bagaimana pendapatmu tentang ini?

Sumber:
http://www.sipolos.com/jangan-memaksa/

Ini mengajarkan kita untuk tidak memaksakan diri kita saat kita memang mulai tidak mampu. Yang perlu diingat adalah bahwa kita bukanlah robot yang mampu mengerjakan sesuatu secara non-stop mungkin. Namun kita ini manusia biasa. Dan satu yang tidak kalah penting adalah jangan memaksakan diri dan berhenti di saat yang tepat.