Jangan Lupa Bangkit

20200627_194115

Doamu yang mana
Usahamu yang mana
Kau tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada kehidupan ini
Tugasmu hanya satu, perbanyaklah diantara keduanya
-Suci Kurnia Putri-

Kamu yang sedang berjuang, yakinlah pada dirimu bahwa kamu bisa meraih mimpi. Keyakinan adalah modal utama untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Terkadang, banyak sekali halangan serta rintangan yang datang menghadang, ketika kita ingin melakukan sesuatu. Banyak orang, yang dengan sengaja maupun tidak, mematahkan semangat kita. Mereka biasanya menyeletuk dengan berkata “Yakin kamu mau melakukan itu? Itu pekerjaan susah lho!” atau “sudahlah, tak usah bermimpi terlalu tinggi, nanti kalau jatuh sakit” atau perkataan-perkataan lain yang sejenis. Namun sayangnya, suara-suara sumbang justru seringkali berasal dari orang-orang terdekat kita. Entah itu teman, sahabat, guru, maupun orangtua kita. Namun, bukan berarti kamu harus membenci mereka, justru dengan adanya perkataan-perkataan tersebut, kamu seharusnya bisa lebih terpacu dan berusaha membuktikan bahwa kamu bisa. Tak peduli apa yang mereka katakan tentangmu, yakinlah bahwa kamu sedang meniti jalan yang benar.

Kebanyakan orang akan langsung menciut ketika mendengar cemoohan maupun suara sumbang yang dilontarkan kepada dirinya. Jika kamu-pun merasa ciut, maka itu tandanya kamu belum yakin dengan apa yang kamu lakukan. Kamu tidak memiliki percaya diri yang tinggi, dan tak jarang pendirianmu-pun mudah goyah. Oleh karenanya, mulai sekarang mantapkanlah pendirianmu, yakinlah bahwa kamu bisa mewujudkan mimpimu. Selain yakin, sifat kegigihan dan tak pernah putus asa juga wajib kamu tanamkan. Jika ternyata orang-orang terdekatmu masih saja mengatakan hal-hal negatif tentang apa yang kamu lakukan, kamu tak perlu marah maupun membenci mereka. Justru mereka amat sangat peduli dengan diri kita. Kita tetap harus menerima saran serta kritik, maupun ungkapan yang mereka lontarkan dengan lapang dada. Toh itu hanya merupakan nasihat kecil agar kamu berhati-hati. Yang perlu kita lakukan adalah menjelaskan, meyakinkan mereka bahwa apa yang kita lakukan bisa berhasil di kemudian hari. Mintalah restu dan doa kepada orangtuamu, agar mimpimu bisa benar-benar terwujud dalam waktu yang tak lama. Bukankah doa kedua orangtua yang tulus kepada anaknya, merupakan doa yang dapat menembus langit?

Jika kamu sudah menerapkan keyakinan dan kegigihan dalam dirimu, niscaya tak lama lagi kamu akan memetik hasil dari jerih payah yang telah kamu kerjakan selama ini. Jadi, sudahkah kamu yakin dengan apa yang kamu kerjakan saat ini? Sudahkah kamu bangkit kembali setelah mengalami kegagalan Tidak ada kata terlambat untuk bermimpi. Selama seseorang masih memiliki akal dan masih bisa bernapas, maka memiliki mimpi adalah hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Sayangnya, mengejar mimpi biasanya tidak semudah bermimpi. Ya, bermimpi memang mudah, tapi mengejar mimpi dan menjadikannya sebuah kenyataan adalah hal yang susah-susah gampang. Setiap orang setidaknya memiliki satu impian dalam hidupnya. Untuk mengejar mimpi dalam hidup, tentunya dibutuhkan sebuah kerja keras. Mimpi itu tidak terbatas, kita boleh bermimpi menjadi apa saja. Bagi orang lain, impian kita mungkin terdengar aneh, namun selama kita menyukainya berarti tidak ada yang salah dengan impian kita tersebut.

Beberapa orang bisa dengan mudah meraih apapun dalam hidupnya. Setiap mengejar mimpi, mereka selalu bisa dengan mudah mendapatkannya. Bagi sebagian yang lain, mengejar mimpi ibarat mengejar layang-layang di jalan raya. Banyak rintangannya, banyak bahaya yang diakibatkannya. Beberapa yang lain justru kurang beruntung, karena tidak pernah bisa mengejar mimpi sampai akhirnya mereka menyerah sendiri. Mengejar mimpi bukanlah sesuatu yang salah, sehingga banyak quotes yang menasehati kita supaya berani bermimpi, berani mengejar mimpi besar, berani memperjuangkan mimpi. Meskipun klise, tapi apa yang dikatakan dalam banyak quotes memang tidak salah. Mimpi itu memang harus dikejar, mimpi itu memang harus diraih, sehingga kita harus berani untuk mulai bermimpi dan mulai untuk mengejarnya.

Tak jarang ada saja penghalang dalam meraih mimpi. Apa yang menghalangi seseorang dalam mengejar mimpi? Mungkin sesuatu di dalam diri atau mungkin sesuatu yang ada di luar dirinya. Apapun itu, sebenarnya selalu ada seribu cara menghadapi penghalang untuk mengejar mimpi. Kita tidak pernah tahu dan tidak pernah bisa mengendalikan berbagai halangan yang hadir di luar diri kita. Akan tetapi, kita selalu memiliki kuasa penuh untuk menghadapi pengahalang yang datang dari diri kita sendiri. Aku ingin memberikan ilustrasi kepada teman-teman. Pasti teman-teman pernah melihat pohon? Bahkan setiap hari pasti kita melihatnya. Tapi, kamu pernah memperhatikan pohon itu? Mereka hidup tanpa bisa memilih mau ditempatkan dimana. Ada di pinggir jalan, hutan, atau tempat yang tandus. Apa mereka bisa pergi buat mencari keperluan sehari-hari? Gak bisa. Mereka cuman bisa diam, berharap hujan turun atau ada seseorang yang mau menyirami mereka. Di saat tidak ada yang peduli dengan mereka, apakah mereka mengeluh?

Hidup adalah sebuah perjuangan. Memang untuk mengatakan Hidup adalah perjuangan memang sangat mudah. Mudah sekali untuk mengatakan hidup adalah perjuangan, tapi realita yang tampak tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, jadi ujung-ujungnya hanya sebuah angan-angan tanpa ada hasil yang diperoleh. Namun pada dasarnya tidak ada hal yang sulit untuk dikerjakan bila kita mampu telah mencapai kesadaran bahwa kita harus berjuang. Kita sering berkata aku sudah coba, tapi kenapa gagal? Apa aku harus menyerah?. Begitulah sekelumit mindset yang salah dalam diri kita, jika kita terus berkata seperti itu, maka dia akan selalu tertanam di dalam sana. Saya pun juga begitu, memang mengucapkan kepada orang yang sama dengan kita masalahnya memang sulit, tetapi setidaknya menyampaikan sedikit dengan memberikan motivasi kepada teman apa salahnya. Kita memang sama-sama belajar, kita bisa belajar dari pengalaman orang lain. Untuk itu, berjuanglah dalam menggapai mimpi. Jika gagal bangkit lagi. Ini adalah hidup kita, kita pantas untuk sukses.

Banyak dari kita yang mengeluh ketika keinginan belum terwujud. Bahkan, terkadang kita malah marah kepada Tuhan mengapa kita diciptakan dengan segala kekurangan yang ada. Disinilah kita harus belajar dari pohon. Ketika seharusnya menerima apapun yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. Masih untung kita merasakan yang namanya kehidupan, kalau tidak? Percayalah tuhan selalu kasih yang terbaik buat kita. Sama halnya dalam berjuang meraih mimpi, jika gagal jangan sesekali menyalahkan diri kita sendiri. Kita selalu mencela diri kita sendiri, seharunya kita berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah kuat untuk sampai sejauh ini. Perbanyaklah usaha dan berdoa adalah kuncinya. Percuma kita usaha yang giat tapi kita lupa akan Tuhan yang mencipatakan. Kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita gapai.

Janganlah kita selalu memikirkan hasil dari sebuah usaha, jalani proses dengan sebaik-baiknya, perjuangan dan kesabaran sebuah penantian akan menuntunmu menuju sebuah keberhasilan
-Suci Kurnia Putri-

#BerjuangMeraihMimpi #LombaCiptaQuotes #dictiocommunity

2 Likes