James Park : CEO Fitbit

James Park


PROFIL
James park adalah seorang pengusaha di bidang teknologi yang berdarah campuran Korea dan Amerika. Ia berkewarganegaraan Amerika yang bertempat tinggal di Barkeley, California. Ia sekarang berumur 40 tahun.
James Park pernah terobsesi dengan video game. Ia drop out dari Harvard University ketika berumur 21 tahun untuk memulai atau menjalankan perusahaannya sendiri, meskipun ia tidak tahu banyak tentang dunia bisnis. James park menyatakan, apa yang ia pelajari tentang menjalankan sebuah perusahaan yang sukses, kegagalan dan kesalahan yang ia buat sepanjang jalan, itu adalah saran terbaik untuk dia, untuk menjadi seorang pemimpin.
Sebagai CEO Fitbit, James Park mempunyai impian untuk menjadi salah satu pencipta/pembuat alat pendeteksi kesehatan / kebugaran terkemuka. Ia ingin membantu orang- orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Dia mengatakan “Saya ingin orang berpikir bahwa Fitbit sebagai perusahaan yang memiliki dampak paling besar dibidang kesehatan dan kebugaran mereka selain rumah sakit”
James Park adalah seorang pengusaha start-up dengan impian untuk menciptakan produk yang hebat dari perusahaannya.

PEKERJAAN
• CEO dan CO-Founder FITBIT
• Direktur Pengembangan Produk di CNET Networks
• CO-Founder Wind-Up Labs
• CO-Founder dan CTO Epesi Technoligies

James Park adalah Co-Founder of Fitbit Inc dan Chief Executive Officer dan President sejak September 2007. James Park menjabat sebagai Direktur Pengembangan Produk di CNET Networks, yaitu memimpin dibidang manajemen produk,tugasnya yaitu merekayasa dan mendesain produk untuk Webshots. Dia juga Pendiri Wind-Up Labs, Inc. dan menjabat sebagai President. Dia adalah seorang Co-Founder of Epesi Technologies dan menjabat sebagai Chief Technology Officer, dia mengarahkan strategi teknologi dan menerapkan protokol jaringan untuk pendistribusian produk datastore Epesi’s. Selain itu ,ia menjabat sebagai Technologist di Morgan Stanley, mengembangkan aplikasi analisis keuangan untuk perdagangan kuantitatif. Dia juga menjabat dibidang pembangunan di KPMG, yaitu mengembangkan perangkat lunak cerdas untuk sistem dokumen routing dalam kelompok konsultasi datamining KPMG dan di BCL Komputer. James Park menjadi Direktur di Fitbit Inc. sejak Maret 2007 dan menjadi Ketua Dewan sejak Mei 2015.

Kekayaan
James Park memiliki kekayaan sebesar $ 660.000.000, ia dapatkan dari pekerjaannya yaitu, CEO dan CO-Founder Fitbit

Fitbit
Fitbit adalah sebuah perusahaan di Amerika yang dikenal dengan produk-produknya yang merupakan alat pelacak atau pendeteksi.Salah satunya adalah menggunakan wireless-enabled, yaitu perangkat teknologi yang dipakai untuk mengukur data, seperti jumlah langkah berjalan, denyut jantung, kualitas tidur, langkah naik, dan data pribadi lainnya yang mengacu kepada kebugaran. Produk Fitbit yang pertama adalah Fitbit Tracker.

Tujuan dari Fitbit adalah untuk memfasilitasi dan menginspirasi masyarakat untuk hidup sehat, dan lebih aktif. Fitbit merancang produk dengan sesuai pengalaman dan berjalan mulus ke dalam hidup masyarakat, sehingga masyarakat dapat mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran.

Fitbit telah memenangkan berbagai penghargaan yaitu, runner-up di TechCrunch50 pada tahun 2008 dan CES 2009 sebagai honorer inovasi dan terbaik di kategori kesehatan & Wellness. Baru-baru ini, Fitbit berada di peringkat ke 37 dari 50 perusahaan paling inovatif di tahun 2016.

ALAMAT PERUSAHAAN
Kantor pusat perusahaan
405 Howard Street
San Francisco, California 9410

James Park Quotes
“I never, ever, ever write with a red pen – red signifies losses, … I also keep my desk completely organized. I feel the more organized I am, the better my stocks trade.”

Lain-lain
Untuk menjadi orang sukses, hanya perlu memiliki kemauan, kerja keras dan keberanian. James Park berani berhenti menjadi mahasiswa di Oxford University demi menjalankan perusahaannya, meskipun dia tidak banyak mengetahui dunia bisnis. Dia tidak peduli berapa banyak kegagalan yang telah dia dapatkan dalam menjalankan perusahaan. Dia menganggap itu sebagai saran atau motivasi untuk menjadi pemimpin

Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/James_Park_(entrepreneur)
http://www.quotehd.com/quotes/author/james-park-quotes
https://www.crunchbase.com/person/james-park#/entity
http://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=623487&privcapId=49068649
http://www.koreatimesus.com/how-fitbit-ceo-james-park-became-600-million-dollar-man/
http://www.forbes.com/profile/james-park/
https://en.wikipedia.org/wiki/Fitbit
http://fortune.com/video/2016/07/06/next-steps-for-fitbit/

Riwayat Hidup


James Park adalah seorang pengusaha teknologi Amerika Serikat berdarah Korea. Beliau turut mendirikan dan menjadi CEO Fitbit. Beliau memiliki kekayaan bersih yang ditaksir senilai 660 juta dollar Amerika. Beliau berada di peringkat 29 daftar orang terkaya di bawah usia 40 tahun versi majalah Forbes pada tahun 2015. Beliau bersekolah di sekolah tinggi bergengsi University School di Cleveland, Ohio. Dia memulai studi sarjana di Harvard dalam ilmu komputer namun di tengah jalan beliau memutuskan putus kuliah.

Perjalanan Karir


James Park menggambarkan kisahnya dalam membangun perusaahaan. Bagi James Park, membangun perusahaan pengukur tingkat detak jantung, denyut gerak perusahaan itu hampir tidak akan mengalah dengan denyut nadinya sendiri, dan sebagian besar denyut tersebut akan melayang antara 60-80 per menit pada suatu hari. Jika seseorang bertanya tentang kesehariannya, James Park akan menjawabnya dari detak jantungnya, jadwal tidurnya, dan wawasan biometriknya dari perangkat pelacakan Fitbit miliknya sendiri.

Namun pada suatu selasa pagi, dalam sebuah percakapan dengan Asisten Editor Manajer Fortune, Brian O’Keefe di panggung utama pada konferensi Brainstorm Tech di Aspen, James Park mengungkapkan pengecualian terhadap kekaleman yang biasa ditampakkannya. Pada satu titik saat roadshow, Park yang berada pada sebuah pertemuan yang menjemukkan dengan sekelompok calon investor. Mereka secara agresif menantang model bisnis Fitbit, James mengatakan secara tegas pada investor tersebut bahwa jika mereka tidak menyukai caranya beroperasi, mereka tidak perlu berinvestasi saja pada perusahannya.

Keberhasilan Usaha


Pada akhir tahun 2015, Perusahaan Fitbit sekarang bernilai sekitar $ 9 miliar, naik dari $ 4,1 miliar dari penutupan debutnya pada 18 Juni 2015. Hal itu bukan sebuah pendaptan kecil untuk perusahaan yang menghasilkan 131,8 juta dollar Amerika pada tahun 2014 dan tiba-tiba sekarang perusahaan tersebut dapat bersaing dengan raksasa teknologi, Apple.

Konon, perusahaan yang didirikan James Park pada tahun 2007 bersama Eric Friedman itu kini telah memimpin dalam jaringan pasar kesehatan dan kebugaran. Hingga akhir Maret, telah terjual lebih dari 20,8 juta perangkat dan mereka telah mengumpulkan pundi-pundi dari penjualan pelacak aktivitas kebugaran tersebut sebesar 85 persen di pangsa pasar Amerika Serikat. Hal itu naik dari keseluruhan penjualan sebesar 70 persen pada tahun 2014.

Masalah Usaha


Sebagai perusahaan publik, Fitbit akan menghadapi tantangan yang besar, seperti tirani pendapatan kuartalan. Namun, beliau memandang bahwa perusahaanya tidak pernah memiliki pendapatan kuarter yang buruk. Selain itu, masalah pengguna yang malas terus-menerus menggunakan suatu alat kesehatan tertentu, tetapi James Park sudah menemukan solusi, yaitu mengintegrasikan perangkat ke dalam kehidupan pengguna dengan penambahan sejumlah fitur baru.

Dalam beberapa bulan terakhir, James Park mendapati dirinya mendapati tiga tuntutan hukum dari pesaingnya, Jawbone. Jawbone menuduh Fitbit secara sistematis mencuri rahasia dagang dan kekayaan intelektualnya dengan mempekerjakan karyawan Jawbone yang keluar dari perusahaan tersebut.

James Park lalu menanggapi tuntutan hukum tersebut dengan sebuah lelucon: “Jawbone mungkin akan membuat aplikasi baru yang berfungsi melacak berapa banyak tuntutan hukum yang mereka ajukan.” James Park lalu membeberkan bahwa Fitbit tidak mencuri kekayaan intelektual dengan menjabarkan bahwa perusahannya memiliki sekitar 200 aplikasi paten.

Kata-kata Mutiara James Park:


“Saya pikir ada sedikit optimisme di sini hari ini, Anda dapat mengambil satu mata dari Irak dan mulai bekerja lebih fokus pada bidang ekonomi dan pendapatan.”

Referensi


James Park adalah partner kerja Eric Friedman. Mereka berdualah yang membuat startup FitBit. Sebelum Fitbit, James telah membuat 2 startup yaitu Epesi dan Windup Labs.

Epesi,startup pertamanya itu merupakan situs berdagang online. Kemudian ia dan Friedman membuat Windup Labs,yaitu aplikasi berbagi foto pertama.

Ia menjabat sebagai direktur pengembangan produk untuk CNET Network yang merupakan perusahaan yang mengakuisisi Windup pada tahun 2005. ia pemimpin pengelolaan produk,teknik,dan desain untuk Webshots.

Setelah menjual windup untuk CNET , Park yang seorang mantan pelari lintas negara dan perenang, menyadari bahwa kebugarannya menurun selama ia menjalankan startup. Tahun 2007, ia mengundurkan diri dari CNET.Park dan Friedman mulai membuat bisnis baru yaitu FitBit,Perusahaan alat kebugaran.Mereka bekerja di Apartment sempit di San Francisco.

Produk FitBit pertama kali meluncur pada tahun 2009, namun masih sulit untuk meyakinkan para investor untuk bekerja sama dengan mereka. Setelah perkembangan FitBit mulai stabil,mereka mulai merilis 5 variasi FitBit. Dengan 5 variasi itu mereka berhasil meraup keuntungan sebesar 43 juta USD dan total investasi sekitar 96 juta USD di tahun 2013.

Running a company is like playing a really great SimCity. You set the right foundations in place, hire awesome people and move from office to slightly larger office and increase perks and amenities.

Sumber :

http://entrepreneur.wiki/James_Park

James park adalah penemu Fitbit yang terkenal bersama dengan Eric Friedman. Dibalik kesuksesannya tersebut, tersimpan rekam jejak perjuangan panjang yang dilalui oleh James Park. Tidak ada yang menyangka bahwa sang pria keturunan Cina dan Amerika merupakan mahasiswa dropout dari Universitas ternama bernama Harvard University. Alasan James Park memilih drop out dari Harvard dikarenakan ia ingin fokus untuk membuat bisnisnya sendiri.

Pada awal mula, James tidak langsung membuat perusahaan namun dia bekerja di perusahaan bernama Peon sebagai analis dikarenakan dia ingin mencari pengalaman sebelum menentukan membuat perusahaan. 1 tahun kemudian ketika James sudah merasa bahwa dia sudah siap, dia mengundurkan diri dari Peon dan membuat perusahaan teknologi berbasis apps bernama Epesi Technologies dan menjabat sebagai CTO.

Selama 2 tahun dia bekerja, James merasa kurang puas dengan capaian Epesi dan akhirnya memilih meninggalkannya untuk membuat perusahaan baru bersama Eric Friedman bernama Wind-Up Labs. Dalam waktu 3 tahun Wind-up Labs mengalami peningkatan pesat yang akhirnya membuat CNET berminat untuk membelinya, James Park setuju untuk menjual perusahaan itu kepada CNET dan kemudian CNET menempatkan james Park sebagai Direktur Pengembangan Produk.

Hasrat James untuk membuat perusahaan sendiri membuatnya hanya bertahan di CNET selama 2 tahun dan kemudian mengundurkan diri bersama Eric Friedman. Pada tahun 2007, James dan Eric membuat perusahaan bernama Fitbit. Pria berusia 40 tahun ini sekarang memiliki kekayaan sekitar 660 juta Dollar Amerika dari pekerjaannya sebagai Penemu dan CEO Fitbit.

Skill yang dimiliki James Park menurut World Economic Forum lebih cenderung kearah skill sosial dibandingkan dengan kemampuan matematikanya. Dikarenakan kemampuan dia dalam hal manajemen sangat baik, hal ini dapat dilihat dari jabatan yang dia miliki selama berkarir yang merupakan CEO, Direktur, dan Manager.

Hal yang dapat diteladani dari seorang James Park adalah berani untuk berinovasi. Meskipun dia telah membuat perusahaan sukses seperti Wind-Up Labs, dia tetap ingin membuat perusahaan yang lebih bagus dari perusahaan tersebut

Quotes : “ I just see a lot listless trading into the end of summer – there isn’t much conviction,.”

Sumber :
https://www.linkedin.com/in/james-park-765821/

PENGALAMAN KARIR

  1. CEO dan Co-Founder di Fitbit, Inc. (2007-sekarang)
  2. Director of Product Development di CNET Networks (2005-2007)
  3. President dan Co-Founder di Wind-Up Labs, Inc. (2002-2005)
  4. CTO dan Co-Founder di Morgan Stanley (1998-1999)

James Park menjadi Co-Founder Fitbit pada tahun 2007 dan sekaligus menjadi CEO di Fitbit. James Park pernah menjabat sebagai direktur sejak dimulainya perusahaan, dan menjadi CEO di tahun 2015.
James Park mengawali karirnya dengan menjabat sebagai Director of Product Developer di CNET Networks dimana dirinya memimpin dibagian manajemen, teknik, dan desain untuk Webshot.
Sebelum Fitbit, James Park mendirikan dan memimpin banyak startup yang lain, dan juga bekerja sebagai Morgan Stanley developing financial software untuk membantu strategi perdagangan yang kuantitatif.

Fitbit didirikan oleh James Park dan Eric Friedman di awal tahun 2007, mereka melihat peluang untuk memanfaatkan sensor pada alat yang mudah digunakan. Mereka berhasil mengumpulkan 4000 dollar, tapi mereka menyadari dengan modal sebanyak itu tidaklah cukup, lalu mereka memutuskan untuk mencari investor lain yang berpotensial dengan perusahaan kecil yang mereka jalani.

Ternyata ide mereka bagus, dan ketika fitbit memperkenalkan diri di konferrnsi TechCrunch 50 pada 9 september 2008, park dan friedman berharap bisa mendapat 50 pre-orders, walaupun eric mengira angka penjualan tersebut akan laku dalam 5 hari. Faktanya, dalam satu hari, mereka mendapatkan 2000 orderan sekaligus. Melebihi ekspektasi mereka.


JAMES PARK’S QUOTE

Localization is an important step in our development of international markets and we believe these new localizations will help accelerate both distribution partnerships and sales in those three markets.**

REFERENSI

https://www.linkedin.com/in/james-park-765821/



http://www.quotes.euronews.com/people/james-park-NJKXXQvA

James Park adalah Co-Founder of Fitbit Inc. dan telah manjadi Chief Executive Officer dan President sejak September 2007. Park menjabat sebagai Direktur Pengembangan Produk di CNET Networks, di mana dia memimpin manajemen, teknik dan desain produk untuk Webshots.

Dia adalah Founder of Wind-Up Labs, Inc. dan menjabat sebagi Presiden. Dia adalah Co-Founder of Technologies dan menjabat sebagai Chief Technology Officer, di mana dia mengarahkan strategi tekhnologi dan menerapkan protokol jaringan untuk produk data store terdistribusi Epesi.

Dia menjabat sebagai Teknolog di Morgan Stanley, mengembangkan aplikasi analisis keuangan untuk perdagangan kuantituatif. Dia juga melayani posisi pengembangan di KPMG di kelompok konsultasi pendokumentasian mereka dan di BCL Computers, mengembangan perangkat lunak untuk sistem perutean dokumen yang cerdas.

Dia sempat menjadi Ketua Dewan di Fitbit Inc. sejak Mei 2015 dan menjadi Direktur sejak Maret 2007. Dia adalah pengusaha serial dengan semangat untuk menciptakan produk dan perusahaan hebat. Mr Park memegang A.B. di Ilmu Komputer di Harvard College.

Quotes : “When the economic numbers are all skewed in one directions, that brings up the Fed again”

Sumber : https://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=623487&privcapId=49068649