Jaga kesehatan otot anda dengan beras merah!


Beras merah atau BROWN RICE adalah beras yang mengandung banyak manfaat. Ada sebuah cerita bahwa beras merah dulunya dikaitkan dengan masa kemiskinan atau masa perang dan jarang sekali dikonsumsi kecuali oleh orang yang sedang sakit, manula, dan penderita sembelit. Namun sekarang beras merah menjadi lebih mahal daripada beras putih karena faktor suplai yang terbatas, sulitnya penyimpanan dan transportasi. Sebenarnya antara beras merah dan beras putih biasa tidak terlalu berbeda jauh. Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya. Jika lapisan terluar atau kulit ari/ sekam dari biji padi dikupas maka hasilnya adalah beras merah. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa. Konon katanya beras merah dapat membentuk otot. Bagaimana menurut kalian?

gandung gandum utuh, sehingga penuh dengan nutrisi. Sehingga merupakan sumber yang sangat baik dari protein dan serat. Selain itu mengandung magnesium, mangan, fosfor, kalsium, selenium, kalium serta besi dan seng. Beberapa vitamin yang hadir dalam beras merah adalah vitamin B1, B2, B3, B6, E dan K. Agar Anda makin yakin dengan manfaat beras merah dibawah ini akan diulas manfaat beras merah.
Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari beras merah:

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Beras merah sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan serat yang membantu mengurangi penyumbatan dalam arteri akibat penumpukan plak.

  2. Menurunkan Kolesterol Jahat
    Beras merah merupakan sumber serat larut, yang membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat dalam darah. Minyak dalam beras merah juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL.
    Pada saat yang sama, diet tinggi biji-bijian seperti beras merah dapat meningkatkan tingkat lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol baik, dalam tubuh Anda.

  3. Mengurangi Risiko Kencing manis
    Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan dicerna lebih lambat, menyebabkan peningkatan gula darah secara perlahan, sehingga membantu menghindari lonjakan kadar gula darah.
    Selain itu kandungan yang lebih tinggi dari asam fitat, polifenol, serat makanan dan minyak dalam beras merah. Hal ini membuat beras merah lebih menguntungkan daripada beras putih untuk penderita kencing dan orang-orang yang memiliki gula darah tinggi.

  4. Melindungi dan Melawan Kanker
    Konsumsi beras merah bukan beras putih akan membantu dalam mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara dan leukemia. Efek menguntungkan ini karena kandungan antioksidan dan kandungan serat yang tinggi dalam beras merah, ditambah dugaan bahwa beras merah mengandung senyawa dengan sifat kemopreventif kanker.

  5. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil
    Beralih ke beras merah dari beras putih bahkan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Kandungan serat beras merah membuat Anda merasa kenyang, yang berarti lebih sedikit ngemil makanan yang tidak sehat. Beras merah mempengaruhi berat badan dan fungsi metabolisme. Plus, beras merah mengandung mangan yang membantu membakar lemak tubuh.

  6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Beras merah sarat dengan sejumlah besar vitamin, mineral dan komponen fenolik yang penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang kuat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.
    Plus, kandungan antioksidan dalam beras merah membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan mempercepat proses penuaan. Asupan semua mikronutrien, termasuk vitamin B12 dan natrium, lebih tinggi pada mereka yang mengkonsumsi biji-bijian.lebih sering, kualitas diet yang lebih tinggi juga memainkan peran dalam menjaga kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

  7. Menjaga tulang terus sehat
    Makan beras merah bahkan membantu memastikan tulang yang kuat dan sehat. Manfaat ini terutama disebabkan kandungan magnesiumnya. Hanya satu cangkir beras merah mengandung 21% kebutuhan harian magnesium Anda.
    Magnesium adalah nutrisi kunci, bersama dengan kalsium dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk tulang sehat dan kuat. Magnesium diperlukan untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktifnya sehingga membantu dalam penyerapan kalsium. Oleh karena itu, mineral ini membantu dalam membangun tulang dan mencegah penghancuran tulang. Bahkan, kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan densitas tulang yang rendah tulang dan memperbesar kemungkinan rematik dan osteoporosis di kemudian hari.

  8. Mendukung fungsi usus agar tetap sehat
    Beras merah mengandung serat larut, yang terkenal karena manfaatnya untuk pencernaan. Serat membantu menjaga gerakan usus dengan teratur, membantu mengurangi sembelit serta wasir.
    Beras merah juga mengandung mangan yang membantu mencerna lemak. Selanjutnya, beras merah secara alami bebas gluten, yang membuatnya menjadi produk populer bebas gluten. Ketika makan beras merah kaya serat, pastikan untuk juga minum banyak air untuk membantu serat menjalankan tugasnya.

  9. Mempertahankan sistem persarafan yang sehat
    Beras merah mengandung mangan, mineral yang diperlukan untuk menghasilkan asam lemak dan hormon yang diperlukan untuk sistem persarafan yang sehat. Magnesium juga menyeimbangkan aktivitas kalsium dalam tubuh untuk pengaturan saraf dan otot. Hal ini penting untuk mencegah kontraksi otot.
    Plus, vitamin B di dalamnya memastikan kelancaran fungsi otak dan sistem saraf dengan mempercepat metabolisme di otak. Kalium dan kalsium berperan dalam menjaga sel-sel saraf dan sel-sel otot yang sehat. Bahkan vitamin E dalam beras merah terkait dengan pencegahan beberapa penyakit otak yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif.

  10. Makanan yang sempurna bagi bayi
    Menjadi pembangkit tenaga listrik, gizi alami dan serat, beras merah adalah salah satu makanan sehat untuk bayi. Beras merah akan membantu pertumbuhan yang cepat untuk bayi Anda. Kandungan serat yang kaya memastikan kelancaran usus dapat berfungsi baik dan mencegah sembelit pada bayi. Plus, ada kemungkinan mengurangi reaksi alergi. Anda dapat memberikan bubur atau sereal beras merah untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan.

Referensi