Jaga Daya Ingat dengan 4 Permainan Ini

Pikun alias pelupa bukanlah penyakit yang hanya menyerang orang yang sudah tua. Tapi bisa juga menyerang anak muda dan remaja lho. Kalian pasti pernah kan kehilangan kunci, pensil hingga hal-hal kecil lainnya. Itu bisa jadi tanda kalau daya ingatmu menurun. APa saja permainan yang dapat menjaga daya ingat kita ?

  1. Membaca Teks Warna-Warni
    Kata siapa mengasah otak harus dengan soal-soal yang sulit. Melatih otak juga bisa menggunakan 4 permainan seru ini kok. Cobalah lihat gambar di atas yang terdapat daftar kata-kata yang ditulis dalam warna yang berbeda.

Mulai dari bagian yang paling atas sebelah kiri, ucapkan nama warna sesungguhnya dari kata yang tertulis di situ. Misalnya bait pertama blue, green, black, red. Ingat, jangan sampai terkecoh dengan tulisannya ya.

Kalau sudah berhasil mencapai kata terakhir, ulangi lagi dengan urutan terbalik. Meski sederhana dan sepele, tapi manfaat permainan ini bisa membantu mengasah otak lho. Bahkan bisa sangat membantu untuk mereka yang menderita alzeimer.

  1. Schulte Table
    Selanjutnya adalah permainan shuttle table. Permainan ini berfokus pada angka 19 yang ada di tengah lalu temukan angka 1, 2, 3 dan seterusnya dalam urutan yang unik. Kalian juga bisa mengatur ulang angka tersebut.

Selain itu, kalian juga bisa menggantinya dengan permainan sudoku atau permainan tabel dan angka lain yang memang membutuhkan konsentrasi. Dengan permainan tabel ini, dapat membantumu untuk lebih cepat memproses informasi sehingga otak semakin terasah.

  1. Gerakan Jari
    Kalian juga bisa mengasah otak dengan permainan gerakan jari lho. Caranya, bentuklah jari tangan kanan seperti tanda “peace” dan jari tangan kiri membentuk “oke”.

Gantilah posisinya secara bergantian, jari tangan kanan yang tadinya jadi “oke” dan kiri jadi “peace”. Ulangi berkali-kali dan tambah kecepatannya. Permainan ini bisa melatih tindakan tanggap dan meningkatkan kemampuan untuk beralih dari satu tugas ke yang lain.

  1. Menggambar Pakai Dua Tangan
    Kamu juga bisa melatih otak dengan berlatih menggambar dengan dua tangan. Mulailah dengan gambar-gambar sederhana seperti bentuk geometris dengan dua tangan sekaligus. Jika sudah terampil, siapa tahu kalian sanggup menggunakan kedua tangan untuk menggambar dan menulis.

Seperti yang diketahui, otak memang terbagi menjadi dua, yaitu kanan dan kiri. Nah, permainan seperti inilah yang dapat mengasah otak secara stimultan untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus. Aktivitas ini juga akan mempengaruhi kinerja otak kanan dan kiri.