Jack Sheppard, Escape Specialist: kabur dari penjara hanya menggunakan seprei yang diikat menjadi tali

image

Jika sobat diskusi pernah menonton sebuah film, narapidana yang kabur menggunakan rangkaian seprei yang diikat menjadi tali, hal itu mungkin terinspirasi oleh Jack Sheppard, yaitu seorang narapidana di abad ke 18 yang sangat tenar karena berbagai kisah pelariannya dari penjara. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai Jack Sheppard ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, sel yang dihuni oleh Jack Sheppard adalah sel dengan tembok tanpa Jendela, aksi pertama Jack adalah membobol tembok penjara yang menimbulkan suara bising yang menarik perhatian para sipir penjara. Aksinya yang pertama pun gagal.

Jack yang kemudian ditangkap, mengulangi hal yang sama. Namun kali ini ia mendobrak jendela yang terbuat dari jeruji besi dan kabur menggunakan seprei yang diikat untuk menjadi tali. Namun, sama seperti sebelumnya aksi Jack inipun kembali gagal dan ia ditangkap untuk kedua kalinya.

Jack kemudian ditempatkan di sel dengan penjagaan maksimal, yaitu kaki dan tanganya ikut dirantai. Suatu hari Jack menemukan sebuah kawat dan menggunakannya untuk membuka gembok rantainya. Jack kemudian kabur melalui cerobong asap setelah melepaskan jeruji besi menggunakan rantai yang telah berhasil ia buka gemboknya.

Jack menjebol 6 pintu berlapis dan melompat keluar ke atap rumah para penduduk dan menghilang dalam kegelapan malam. Lama setelahnya, Jack tertangkap dan dihukum mati. Wah ternyata orangnya bersikeras juga ya…

Referensi: http://indonesiaone.org