Jack Ma - Pendiri dan CEO Alibaba

Jack Ma – CEO Alibaba

Jack Ma (Ma Yun) adalah pendiri sekaligus CEO dari Alibaba.com. Jack Ma lahir pada tanggal 10 September 1965 di Hangzhuo, China. Dia mendirikan Alibaba.com bersama rekannya pada tahun 1999.

Strategi Jangka Panjang Alibaba :

  • Menciptakan Infrastruktur yang Kuat untuk Perdagangan

Sebagai pemain e-commerce murni mencari pilihan pertumbuhan lainnya, Alibaba ingin menciptakan ekosistem ritel yang mengintegrasikan pengalaman online dengan yang tradisional. Perusahaan ini kabarnya bekerja sama dengan Suning Commerce dan Intime Retail untuk mencapai tujuan ini. Tujuan jangka panjang Alibaba adalah menjadi enabler bagi para pedagang untuk meningkatkan keseluruhan produktivitas penjualan dan pemasaran mereka dan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja menggunakan alat digital. Upaya online perusahaan untuk offline (O2O) diarahkan pada tujuan ini dan aplikasi selulernya (Qianniu, yang memiliki lebih dari 6 juta pengguna) menyediakan penjual dengan kemampuan menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien. Perusahaan ini mengerjakan beberapa inisiatif di segmen pembayaran dengan Alipay (gateway pembayarannya), yang sedang ditingkatkan untuk memenuhi standar keamanan internasional. Di segmen logistik, Alibaba memiliki aliansi dengan beberapa perusahaan logistik di Asia untuk memperkuat jaringan pengirimannya. Perusahaan ini bekerja untuk mendatangkan jutaan usaha kecil dan menengah di platformnya, memberi mereka dukungan tambahan. Upaya ini harus terus mendorong pertumbuhan Alibaba dalam jangka panjang.

  • Pertumbuhan Global

Dalam 20 tahun ke depan, Alibaba berharap bisa melayani 2 miliar konsumen di seluruh dunia, memberdayakan 10 juta bisnis yang menguntungkan dan menciptakan 100 juta pekerjaan. Sementara posisinya di China tidak terbantahkan, ekspansi global telah lamban. Perusahaan melihat rute akuisisi di India, di mana ia memiliki saham di beberapa perusahaan e-commerce dan pembayaran. Kemungkinan untuk membangun dirinya sendiri di wilayah ini dalam waktu dekat. Meskipun masih mengeksplorasi opsi di Eropa dan A.S., perusahaan ini memperkuat alat pembayarannya “Alipay” sehingga dapat diterima oleh pedagang di wilayah ini bila digunakan oleh pelancong China. Penetrasi ke Eropa dan A.S. dapat menjadi lebih rumit dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya, namun Alibaba secara bertahap berusaha untuk membangun dirinya di wilayah ini melalui akuisisi untuk memahami pasar dengan lebih baik. Namun, isu-isu seperti sejumlah besar barang dagangan palsu di platformnya terus mengganggu reputasi Alibaba di wilayah ini. Karena bekerja untuk memenuhi target ambisius basis pengguna yang besar, pertumbuhan global merupakan elemen penting strategi jangka panjang Alibaba.

  • Memanfaatkan Kekuatan Cloud Computing

Saat ini Cloud Computing adalah bagian yang sangat kecil dari bisnis Alibaba dan menyumbang sekitar 8% dari jumlah nilai Alibaba Namun, perusahaan yakin bahwa Cloud Computing dan Big Data akan menjadi dua pilar utama yang akan mendukung para penjual online di masa depan. Menurut Alibaba, komputasi daya dan data akan menjadi dua pendorong utama yang akan mengubah lanskap ritel dalam tiga puluh tahun ke depan. Perusahaan telah banyak berinvestasi di infrastruktur cloud-nya, yang berada di antara tiga perusahaan cloud computing teratas di dunia. Hampir 35% situs web di China dipandu oleh Cloud milik Alibaba. Tujuan lain strategi jangka panjang Alibaba adalah memanfaatkan infrastruktur ini agar perusahaan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih baik dan menjangkau target pasar dengan mudah.
Sebagai e-commerce yang mencari gelombang pertumbuhan berikutnya, Alibaba bertujuan untuk mengintegrasikan penawarannya ke dalam ekosistem ritel yang dapat bertindak sebagai enabler bagi pedagang untuk melakukan bisnis dengan lebih baik. Strategi ini merupakan pendekatan yang tepat untuk jangka panjang. Kemampuan perusahaan untuk secara efektif menjalankan strategi ini di tengah persaingan global yang kuat akan menjadi pendorong utama pertumbuhannya.

Sumber :

Team, Trefis. 2016. A Closer Look At Alibaba’s Long Term Strategy. Diambil dari https://www.forbes.com/sites/greatspeculations/2016/10/13/a-closer-look-at-alibabas-long-term-strategy/#6991912e2bc0 (11 September 2017)

https://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma .

Hetty Mukammilah
155150401111086
MITI-E