J.K. Rowling : Orang yang menulis novel terkenal "Harry Potter"

sumber

Biografi, Joanne “Jo” Rowling


Pekerjaan

Novelis, Penulis, Produser skenario, Produser film

Tempat dan Tanggal lahir

Yate, Britania Raya, 31 Juli 1965

Kewarnegaraan

Britania Raya

Pendidikan

Bachelor of Arts, Universitas Exeter

Total Kekayan

US$1 Billion Dollar - 13 Trilliun Rupiah(2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 84 Celebrity 100 (2014)
  • 82 Celebrity 100 (2013)
  • 93 Power Women (2013)
  • 1140 Billionaires (2011)

Riwayat Hidup


Joanne Rowling atau yang biasa dikenal sebagai J.K. Rowling, dilahirkan pada tanggal 31 Juli 1965, di Yate, Inggris. Dia terlahir dari pasangan Peter James Rowling dan Anna Rowling, dan memiliki seorang adik perempuan bernama Dianne yang akrab disapanya Di. Joanne mengadopsi nama pena nya, J.K. yang menggabungkan nama neneknya, Kathleen, untuk nama tengahnya.

Pada tahun 1969, Keluarga Rowling pindah menuju Winterbourne, sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari tempat mereka tinggal sebelumnya. Di sana, Rowling kecil bertemu dengan seorang anak bernama Potter. Rowling mengatakan bahwa sampai saat ini dia tidak dapat melupakan anak itu.

Pada tahun 1974, ketika Rowling berumur 9 tahun, keluarganya pindah lagi ke Tutshill, South Wales. Rowling masuk Sekolah Menengah Wyedean School and College. Setelah lulus dari Wydean, Rowling ingin melanjutkan studi nya ke Oxford University namun gagal. Dia kemudian masuk ke Universitas Exeter di Inggris mengambil jurusan bahasa Perancis selama empat tahun, termasuk mengajar bahasa Inggris di Paris selama setahun di tahun terakhir perkuliahan.

Pada tahun 1990, Rowling lulus dan kembali ke Inggris.

Pada tahun 1991, ketika Rowling berumur 26 tahun, Rowling pindah ke Portugal untuk menjadi guru bahasa Inggris. Di sana dia bertemu dan menikah dengan seorang wartawan Portugis bernama Jorge Arantes. Dari suaminya ini, Rowling mendapatkan anak perempuannya yang kemudian diberinya nama Jessica. Sayangnya pernikahan ini tidak dapat bertahan lama. Pasangan Arantes-Rowling berpisah pada tahun 1993 setelah kelahiran Jessica.

Pada tahun 1999, Sebagai seorang ibu tunggal yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia, Rowling menjadi sensasi sastra internasional.

Pada tahun 2001, Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia.

Pada tahun 2003, Anak kedua dan anak lelaki pertama dari Rowling bernama David Gordon Rowling Murray dilahirkan pada 24 Maret, di Royal Infirmary, Edinburgh.

Pada tahun 2005, Rowling melahirkan anak perempuan ketiganya yang diberi nama Mackenzie Jean Rowling Murray pada tanggal 23 Januari.

Riwayat Karir


Pada tahun 1990, Ia mendapat ide tentang penulisan buku “Harry Potter” sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London. Kemudian Rowling menyerahkan naskahnya ke beberapa penerbit, sebanyak 12 penerbit menolak naskah yang ia buat, Setelah beberapa kali ditolak, penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya, akhirnya nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual bukunya yang berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” dan mendapat $4000.

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter : “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”, “Harry Potter and the Chamber of Secrets”, dan “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban” telah memperoleh keuntungan kurang lebih 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa.

Pada Juli tahun 2000, Buku keempat yang berjudul “Harry Potter and the Goblet of Fire” telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah.

Pada 21 Juni 2003. Buku kelimanya, “Harry Potter and the Order of the Phoenix” telah mulai dipasarkan serentak di seluruh dunia setelah kurang lebih 3 tahun buku keempat diterbitkan.

Pada 16 Juli 2005, Buku keenam keenam yang berjudul “Harry Potter and the Half-Blood Prince” juga telah diluncurkan secara resmi.

Pada tahun 2007, “Harry Potter and the Deathly Hallows” buku yang pernah terjual paling cepat, terjual 2,65 juta cetakan dalam 24 jam pertama di Inggris. Seri Harry Potter sekarang telah diterbitkan dalam 78 bahasa, dan lebih dari 450 juta cetakan telah terjual di seluruh dunia. J.K. Rowling juga menulis tiga novel untuk bantuan amal, novel novel itu antara lain : “Quidditch Through the Ages”, “Fantastic Beast and Where to Find Them” and “The Tales of Beedle the Bard”.

Pada tahun 2012, perusahaan digital Pottermore diluncurkan, di mana para fans dapat menikmati tulisan-tulisan baru dari Rowling serta dapat lebih merasakan sensasi dalam dunia sihir. J.K. Rowling telah menulis naskah film yang terinspirasi dari novel yang berjudul “Fantastic Beasts and Where to find Them” dan film itu akan dirilis pada musim gugur 2016.

J.K. Rowling saat ini telah menerima banyak penghargaan dan gelar kehormatan, termasuk OBE untuk pelayanan sastra kepada anak-anak, France’s Légion d’Honneur, dan Hans Christian Andersen Award.

Fakta-fakta


  1. J.K. Rowling dan Harry Potter memiliki tanggal ulang tahun yang sama yaitu tanggal 31 juli.

  2. Rowling menuliskan ide awal tentang Harry Potter di sebuah tisu saat ia naik kereta dari Manchester ke London.

  3. Sebanyak dua belas penerbit menolak untuk menerbitkan karya perdana Rowling.

  4. Rowling telah dianugerahi penghargaan “Order of the British Empire” tepat di perayaan hari ulang tahun Ratu Elizabeth II di tahun 2001.

  5. Joanne Rowling tidak memiliki nama tengah dan meminjam “K” dari nama neneknya, Kathleen.

  6. Rowling pernah menjadi pengangguran.

  7. Rowling pernah didiagnosa menderita depresi sebelum menjadi terkenal.

  8. Rowling pernah bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Portugal selama perkawinan singkatnya dengan wartawan televisi Jorge Arantes.

  9. Rowling mengaku membeli gaun pernikahannya dengan Neil Murray dengan menggunakan nama samaran.

  10. Rowling berubah dari pengangguran dan menjadi milyuner dalam waktu lima tahun.

  11. Rowling menulis cerita pertamanya pada usia 6 tahun.

  12. Dia adalah pemuja gelang - gelang cantik.

  13. Olahraga favoritnya adalah bola basket.

  14. Dia masih terus berpiikir untuk karakter - karakter baru untuk Harry Potter.

  15. Joanne Rowling memiliki teman masa kecil bernama Potter.

  16. Jadi orang sukses, Rowling tidak lupa diri. Ia turut membantu lahirnya Lumos, sebuah lembaga sosial yang bergerak dalam membela hak anak-anak di seluruh Eropa.

  17. Sebenarnya Rowling ditawari berperan sebagai cameo dalam film “Harry Potter and the Philosopher’s Stone,” menjadi Lily Potter. Namun, ia menolak. Peran itu pun jatuh ke Geraldine Somerville.

  18. Rowling menuliskan nama-nama bangunan di Hogwarts pada tas obat (P3K) karena tak memiliki kertas.

  19. Ketika buku-bukunya diadaptasi ke layar lebar dan menjadi film blockbuster, Rowling sempat membuat pernyataan dirinya menolak tawaran Michael Jackson yang mau menggarap musik film Harry Potter.

  20. Serial Harry Potter menjadi buku terlaris dalam sejarah.

Quotes


It is impossible to live without failing at something, unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all, in which case you have failed by default. J.K. Rowling

I would like to be remembered as someone who did the best she could with the talent she had. J.K. Rowling

Anything’s possible if you’ve got enough nerve. J.K. Rowling

Never trust anything that can think for itself if you can’t see where it keeps its brain. J.K. Rowling

The truth. It is a beautiful and terrible thing, and must therefore be treated with great caution. J.K. Rowling

Fear of a name increases fear of the thing itself. J.K. Rowling

There are some things you can’t share without ending up liking each other. J.K. Rowling

Secretly we’re all a little more absurd than we make ourselves out to be. J.K. Rowling

Imagination is not only the uniquely human capacity to envision that which is not, and therefore the fount of all invention and innovation. In its arguably most transformative and revelatory capacity, it is the power to that enables us to empathize with humans whose experiences we have never shared. J.K. Rowling

It is perfectly possible to live a very moral life without a belief in God, and I think it’s perfectly possible to live a life peppered with ill-doing and believe in God. J.K. Rowling

Humans have a knack for choosing precisely the things that are worst for them. J.K. Rowling

The most important thing is to read as much as you can, like I did. It will give you an understanding of what makes good writing and it will enlarge your vocabulary. J.K. Rowling

[details=Referensi]* http://www.jkrowling.com/about/

4 Likes

Joanne Kathleen Rowling sejak kecil menyukai menulis, dia mulai menulis ketika menginjak umur enam tahun hingga menuntaskan sebuah buku tersebut yang berjudul rabbit, memang sejak kecil sudah menyukai dengan dunia khayalan, dirinya sering membacakan dongen untuk adiknya tentang kelinci yang sakit campak dan di kunjungi teman – teman kelinci itu. Rowling bersekolah di St. Michael’s Primary School hingga Rowling melanjutkan kuliah di Universitas Exter yang mampu ia selesaikan pada tahun 1990 selepas lulus Rowling pun mengadu nasib untuk pergi ke London untuk bekerja sebagai guru bahasa inggris.

Pada tahun 1993 Rowling pun menikah dengan Wartawan berasal dari portugal namun pernikahan tersebut tidak berlangsung lama setelah melahirkan seorang putri hubungan mereka pun kandas hingga Rowling pun harus banting tulang untuk menjaga dan membiayai putrinya terlebih lagi ketika kehidupan di london memakan biaya sangat mahal hingga Rowling pun mendapatkan bantuan dari pemerintah inggris. Karena kehidupan di inggris tidak kunjung membaik Rowling pun memutuskan berpindah ke Skotlandia di sela-sela mengurus putrinya Rowling pun menulis sebuah buku, buku tersebut dia salin dengan mesin ketik tua untuk diperbanyak, setelah itu rowling pun mengajukan bukunya ke 12 penerbit tapi dari semuanya itu tidak satupun yang menerima karena dianggap cerita tersebut tidak banyak diminati dari berbagai kalangan.

Hingga suatu saat Rowling memberikan bukunya ke salah satu dari anak penerbit tersebut, sang anak yang memiliki dunia fantasi yang masih luas pun menyukai hingga menceritakan kepada orang tuanya ketika itu buku pertama Rowling pun diterbitkan hingga mendapatkan keuntungan USD 4.000 dollar dari buku pertamanya hasil kerja kerasnya pun berlanjut hingga novel serial harry potter yang ke tujuh mendaptkan total hasil penjualan hingga 13 triliun rupiah, tidak sampai berhenti disitu buku Rowling pun diangkat salah satu produser ke layar lebar dia pun diberikan wewenang untuk dapat menetukan alur film tersebut.

Hal Hal yang dapat menginspirasi saya:

  • Hidup kita untuk menghancuran batasan yang kita miliki
  • Tidak pernah takut gaga meskipun karya tidak diterima oleh masyarakat
  • Berani berbuat untuk terus berinovasi
  • Menyelesaikan yang sudah pernah kita mulai
  • Tidak pernah menyerah
  • Selalu berfikir positif tentang apa yang sudah kita perbuat

QUOTES: Anda mungkin tak pernah tahu, betapa menyedihkannya hidup tanpa uang sama sekali. Kecuali jika Anda sudah pernah mengalaminya, seperti yang aku alami
Sumber:

Joanne Kathleen Rowling atau yang biasa kita kenal dengan nama penanya, J.K. Rowling adalah seorang dibalik karakter Harry Potter yang banyak dicintai di seluruh dunia saat ini. J.K. Rowling merupakan penulis terbaik yang ada di Inggris dan merupakan salah seorang “Wanita Terkaya di Dunia”. Hal ini tidak dicapainya secara tiba-tiba. Ia harus menjalani kesulitan sebagai seorang ibu tunggal dalam kesejahteraannya terlebih dahulu. Lahir di bagian barat daya Inggris, Rowling tumbuh dengan aturan-aturan yang ada di Inggris dengan seorang ibu, ayah dan saudara perempuan.

Bakat Rowling menulis buku telah terlihat sejak kecil. Saat Rowling berumur 6 tahun, ia menulis buku berjudul “about rabbit named Rabit”. Dengan ibunya yang memuji hasil karyanya, Rowling kecil telah berpikir untuk menerbitkan bukunya. Sejak kecil pula, Rowling berpikir bahwa ia akan menjadi seorang penulis buku.

Masa remaja Rowling tidak sebaik yang kita kira. J.K. Rowling berasal dari keluarga yang cukup sulit dan ibunya berjuang melawan penyakit multiple sclerosis selama 10 tahun. Rowling menjelaskan bahwa masa tersulit dan trauma terbesar yang ia alami adalah saat ibunya meninggal pada tahun 1991, tepat saat tahun baru dan Rowling berusia 25 tahun, 6 bulan setelah ia mulai menulis “Harry Potter”. Kehilangan terbesar atas ibunya yang sangat mendukung Rowling dengan tulisannya menginspirasi Rowling untuk membuat Harry Potter berjuang ditengah kematian orang tuanya.

Oktober 1992, Rowling kembali menikah dan memiliki seorang putri, Jessica pada July 1993. Pernikahan ini hanya perjalan 13 bulan. Rowling kemudian tinggal di Edinburgh, Skotlandia tidak lama kemudian, membawa tulisan “Harry Potter” ditangannya. Tinggal di apartemen yang buruk, tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki uang bersama anaknya, Rowling mengalami depresi dan sepat berniat bunuh diri, yang membuat ia kecewa akan dirinya sendiri. Lalu kemudian, Rowling menerbitkan buku “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” pada tahun 1997. Tiga hari setelah buku tersebut dirilis di Inggris, Rowling mendapatkan 100.000 Dolar Amerika untuk hasil karyanya. Ketujuh seri “Harry Potter” telah terjual lebih dari 450 juta copy.

Hal yang menginspirasi saya dari seorang J.K Rowling adalah beliau awalnya bukan berasal dari keluarga yang kaya atau serba berkecukupan. Walaupun begitu, kecintaannya terhadap menulis membuatnya tidak pantang menyerah. Saat ibunya meninggal, walaupun hal tersebut sangat berat, beliau tetap mengambil sisi positif dan mengambil hal tersebut sebagai ujian dan mengubahnya menjadi inspirasi. Selain itu, saat beliau harus berjuang bersama anaknya, tidak memiliki pekerjaan dan uang, beliau tetap berusaha dengan menulis dan menerbitkan karyanya, yang akhirnya berbuah manis. Beliau tidak pernah pantang menyerah, contohnya saat depresi dan berpikir unutk bunuh diri. Beliau justru menganggap hal itu adalah versi terburuk dari dirinya saat itu. Hingga saat ini, beliau tetap ingat untuk selalu rendah hati.

Kata-kata yang paling saya sukai dari seorang J.K Rowling adalah “Happiness can be found, even in the darkest of times, if one only remembers to turn on the light.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.businessinsider.com/the-rags-to-riches-story-of-jk-rowling-2015-5/?IR=T

Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J.K. Rowling (lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 1965; umur 52 tahun). Sebagai seorang ibu tunggal yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia, Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller setelah memperoleh kemenangan yang sama di Britania Raya. Kekayaan Rowling semakin bertambah saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000. Seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.
Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana ia menikah dengan seorang wartawan Portugis. Anak perempuannya, Jessica dilahirkan pada tahun 1993. Setelah perkawinan pertamanya berakhir dengan perceraian. Sejak perceraian dengan suaminya, ia menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi serba kekurangan. Rowling pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi keluarganya. Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah buku.
Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai. Ia tidak memiliki komputer, dan hanya memiliki mesin tik tua. Ia juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar foto kopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit. Ia mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

Hal-hal yang dapat menginspirasi

  • Mampu untuk terus berjuang dan bekerja keras walaupun berada dalam kesulitan
  • Walaupun menjadi seorang single parent, tetapi ia tetap yakin bahwa kemampuannya dapat membawa jalan keluar dari hidupnya yang sulit
  • Selalu berusaha sekuat tenaga dan tidak mau menyerah walaupun naskah yang ia serahkan kepada beberapa penerbit ditolak berkali-kali

Favourite Quotes

  • “The most important thing is to read as much as you can, like I did. It will give you an understanding of what makes good writing and it will enlarge your vocabulary.” – J.K Rowling

Daftar Referensi

referensi 1
referensi 2
referensi 3