Irwanto Widyatri : pembuat game hoki yang buat gregetan, Tebak Gambar

detikInet

##Biografi

###Pekerjaan

Founder Tebak Gambar dan Android Developer Kabita Studio

###Tempat dan Tanggal Lahir

###Kewarganegaraan

Indonesia

###Pendidikan

Universitas Bina Nusantara

##Riwayat Hidup


Tebak gambar merupakan game Android buatan Indonesia yang berhasil menarik minat lebih dari 10 Juta pengguna smartphone Android. Irwanto Widyatri adalah kreator muda dari BINUS University yang telah lulus pada tahun 2014 yang berhasil membuat game Tebak Gambar yang mendapat perhatian oleh para pecinta game. Bermula dari kegemarannya browsing di Kaskus, Irwanto secara tidak sengaja menemukan suatu thread yang isinya adalah kuis tebak gambar. Melihat tingkat keinteraktifan di thread itu yang cukup tinggi, Irwanto lalu memiliki ide untuk menjadikannya sebuah game mobile. Ia pun menghubungi pemilik thread itu yang merupakan seorang desainer bertempat tinggal di Surabaya dan mengajaknya untuk membuat game Tebak Gambar. Irwanto mengakui bahwa hingga saat ini ia belum pernah bertemu secara langsung dengan desainernya ini.

Pada saat pengembangan game tersebut ada beberapa masalah seperti usahnya sinkronisasi gambar yang dikarenakan desainer ini belum pernah membuat gambar untuk sebuah aplikasi mobile sebelumnya. Pada tahap ini mereka juga menemukan kendala pada pembuatan gambar untuk tombol klik. Cara penyelesaiannya adalah dengan melihat game lainnya yang mirip dan berhubungan seperti Icon Pop Quiz. Kemudian masalah berikutnya tingginya total file pada game ini yang mencapai 16mb, padahal jumlah soal yang ada pada game ini hanya lima buah. Besarnya jumlah file pada suatu game juga mempengaruhi keinginan orang untuk men-download aplikasi tersebut. Pada dasarnya orang tidak mau men-download aplikasi yang belum mereka kenal dalam jumlah file yang besar. Cara penyelesaiannya adalah dengan mengompres file gambar serendah mungkin.

Pada bulan November 2013 Tebak Gambar pun meluncur di Google Play dan hanya dalam dua bulan saja, ada lebih dari 100.000 orang yang telah men-download game ini. Tidak lama setelah itu, permintaan dari fans di Facebook Fanspage mereka juga muncul yang mana mereka meminta agar game ini juga diluncurkan untuk iOS. Irwanto sempat mengakui bahwa sebenarnya ia tidak memiliki Macbook dan keahlian pemrograman untuk mengembangkan game di iOS. Walaupun begitu, Irwanto tidak menyerah, ia pun meminta para junior di kampusnya untuk membantunya dalam mengembangkan game ini di iOS. Dua bulan setelahnya Tebak Gambar meluncur di iOS dan sudah di-download hampir 500.000 user hingga saat ini.

sumber : http://socs.binus.ac.id/2014/05/05/tebak-gambar-game-hoki-yang-bikin-geregetan/