Investasi emas atau saham?

bitcoin-6631099_640

Investasi merupakan kegiatan memberikan modal dengan maksud menyimpan dan memperoleh keuntungan, biasanya dalam jangka waktu yang panjang untuk memperoleh hasil keuntungannya.
Emas adalah salah satu aset dari investasi yang sering dijadikan pilihan untuk berinvestasi karena resiko yang akan didapatkan investor yang lebih kecil jika dibandingkan dengan saham. Saham adalah investasi yang berwujud sertifikat berisikan pernyataan tentang kepemilikan sebagian saham dari perusahaan ataupun tempat investor menanamkan modalnya. Sedangkan emas investasinya berwujud emas itu sendiri dapat berupa emas murni batangan ataupun bentuk lainnya.
Dalam investasi saham disebuah perusahaan nilai yang dimiliki investor tidak akan berlaku lagi jika perusahaan tempat mereka menanamkan modal bangkrut berbeda dengan emas yang akan tetap bertahan dengan nilainya hingga dimasa depan, dengan harga yang terus naik setiap tahunnya mengikuti perkembangan ekonomi. Meski demikian saham merupakan bisnis yang aktif sebab para pelaku usaha akan selalu memaksimalkan untuk membuat perusahaannya berkembang agar dapat memberikan nilai yang baik bagi para investor dalam mengelola perusahaan. Berbeda dengan emas yang nilainya bergantung pada keadaan pasar dan perekonomian secara keseluruhan.
Perkembangan ekonomi yang tidak menentu ini, emas cendrung memiliki resiko lebih rendah apalagi selama pandemi ini yang mana tentunya pendapatan dari perusahan juga akan menurun sehingga sahampun pasti memiliki titik minusnya.

Untuk itu perlu memahami lebih lanjut bagaimana seharusnya anda berinvestasi, jika ingin berinvestasi di saham liat keadaan ekonomi anda, apakah pendapatan anda memungkinkan untuk berinvestasi di saham, sebab nilainya yang tidak tetap sehingga sebaiknya tidak menggunakan seluruh pendapatan anda untuk berinvestasi di saham. Tentunya akan lebih aman jika berinvestasi dengan emas.

Tetapi semuanya kembali lagi kepada anda dan bagiamana keadaan ekonomi anda, dan anda juga harus sanggup dan siap menerima resiko apa saja yang akan terjadi oleh karena itu, buatlah perencanaan yang matang.

Lantas, sudah terpikirkan hendak berinvestadi dengan apa dan bagaimananya? Komen dibawah yaa!!