Intip yuk teknik perawatan kebun kopi yang baik


Sebelum membaca kutipan mengenai cara merawat kebun kopi dengan baik, buat anda yang ingin membudidaya kopi dan buat para pecinta kopi di kota Jemebr sudah terdapat biji kopi arabika jember dan lengkap juga dengan mesin kopi murah jember lho.

Anda peminat kopi? Rasa yang khas dan nikmat menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai kopi. Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Hal ini disebabkan karena Indonesia berada pada iklim tropis yang merupakan kawasan paling cocok untuk tumbuhan tanaman kopi.

Perawatan kebun kopi yang baik sudah diawali sejak pemilihan lahan yang tepat dan juga pemilihan bibit unggul tanaman tersebut. Kopi yang lezat berasal dari bibit yang unggul dan tidak ada cacat pada tanaman tersebut. Terutama jika anda ingin menanam sendiri pohon untuk pembibitan maka pastikan pohon kopi tersebut layak dijadikan sebagai tanaman induk pembibitan.

Berikut ini teknik perawatan tanaman kopi yang baik dan membutuhkan ketelatenan dari para petani kopi tersebut.

 penyiramana tanaman harus dilakukan telaten terutama diusia awal penanaman. Misalnya kondisi cuaca yang ekstrim seperti kemarau membuat anda harus memastikan kondisi tanaman memiliki cadangan air yang cukup. Pada usia satu minggu pertama penanaman maka sebaiknya anda lakukan penyiraman secara rutin. Setelah pohon berangsur besar maka kurangilah penyiraman tanaman tersebut.
 Kapan pemupukan dilakukan yang pertama pada usia pertama penanaman, selanjutnya setiap 6 bulan sekali. Usahakan anda menggunakan jenis pupuk alami seperti pupuk kandang dan kompos. Lakukan pemupukan pada musim hujan, karena pada musim hujan biasanya kandungan unsur hara tanah lebih tinggi sehingga lebih mudah terserap oleh akar.
 Pembersihan tanaman parasite disekitar tanaman kopi tumbuh. Kebun kopi idealnya memang harus bersih. Pastikan sebagai para petani membersihkan rumput dan tanaman pengganggu lainnya yang biasanya terdapat disekitar tanaman tumbuh.
 Membersihkan dari hama penganggu tanaman. Pada usia tahun kedua tumbuh, tanaman kopi baisanya cukup rentan dengan gangguan hama dari luar. Sehingga menuntut para petani kopi harus rajin membersihkan seperti misalnya ulat, serangga dan berbagai binatang parasite lainnya yang biasa menganggu tanaman kopi. Pembersihan dan pencegahan sebaiknya dengan menggunakan cara alami untuk menjaga kualitas dari tanaman kopi yang dihasilkan.
 Menjaga agar tanaman memiliki suplai matahari yang cukup sehingga tidak baik ditanam di kawasan yang terlindung dengan pohon besar. Sianr matahati diperlukan untuk tumbuhnya tanaman tersebut.

jadi rasa yang nikmat dari tanaman kopi dipengaruhi oleh proses perawatan dan penjaga yang dilakukan oleh para petani kopi. Para petani kopi ini memiliki upaya perawatan yang tersistem dan sudah berpuluhan tahun menanam tanaman kopi sebagai salah satu tanaman komoditas ekspor. Kopi yang dihasilkan pun memang benar lezatnya, aromanya yang sudah tercium sebelum kopi tersebut diseduh. Perhatikan hal-hal diatas yang ahrus ada dalam budidaya tanaman kopi. Bibit kopi yang dipilih pun harus dipastikan sebagai bibit kopi terbaik.

Minat untuk berbudidaya kopi? Dikota Jember sudah terdapat biji kopi murah jember dan juga melayani ekspor impor jember Indonesia lho yuk langsung hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.