© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


INTIP YUK APA YANG MEMBEDAKAN KOPI ARABICA & ROBUSTA?

bd033071-3793-4c4a-819d-ef68d5f1358b_43
Secara umum kopi terbagi menjadi dua jenis yakni Arabica dan Robusta. Apa saja sih yang membedakan kedua jenis kopi ini?

Bukan hanya nikmat, kopi juga mengandung segudang khasiat, jadi tidak heran jika banyak orang harus minum kopi secara rutin. Tapi jangan asal ngopi, harus tahu juga jenis dan karakter kopi yang anda sesap. Minimal tahu jenisnya arabbica atau robusta karena keduanya memiliki kenikmatan berbeda.

Buat anda pecinta kopi Arabica, di kota Jember sudah tersedia biji kopi luwak jember, jika anda juga ingin memiliki penghasilan dari biji kopi luwak tersebut kami juga menyediakan mesin kopi murah Jember lho, jadi anda bisa prosuksi kopi ini sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 perbedaan kopi Arabica & Robusta:

Lokasi tanam

Tanaman kopi Arabica tumbuh didaerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl. Kawasan ini teerbilang dataran tinggi dengan suhu yang sejuk antara 16-20 derajat Celsius. Jenis tanaman kopi robusta dapat tumbuh didaratan rendah juga lho. Meskipun biji kopi yang dihasilkan terbilang banyak tapi tanaman kopi robusta lebih rentan diserang serangga. Jenis kopi robusta ini berbuah pada suhu udara yang lebih hangat.

Bentuk biji

Bentuk biji kopi Arabica dan Robusta juga berbeda. Kopi Arabica ini emmiliki bentuk biji sedikit memanjang dan agak pipih. Biji Arabica jugak memiliki ukuran yang agak besar. Berbeda dengan biji kopi robusta yang bentuknya agak membulat dan terlihat padat. Ukurannya lebih kecil dibanding biji kopi Arabica. Begitu juga dengan teksturnya yang lebih kasar dibandingkan biji kopi Arabica yang halus.

Rasa dan aroma

Kopi robusta dikenal emmiliki aroma dan rasa yang kuat da cenderung kasar. Namun kopi robusta punya rasa yang netral dan kurang bervariasi. Sebelum disangrai, biji kopi robusta memiliki aroma seperti kacang-kacangan namun ketika sudah disangrai aromanya tidak terlalu nikmat juga saat diseduh. Berbeda dengan kopi Arabica, kopi ini punya varian aroma dan rasa yang rasa yang sangat variatif. Saat belum disangrai, biji kopi Arabica mengeluarkan aroma segar seperti buah blueberry. Saat sudah disangraipun kopi Arabica mengeluarkan aroma wangi mulai dari bunga, buah hingga kacang-kacangan.

Kadar kafein

Kopi Arabica memiliki kandungan kafein di kisaran 0,9-1,4 persen. Jumlah kafein yang cenderung rendah ini membuat kopi Arabica terasa lembut dan tidak pekat saat sudah diseduh. Kopi Arabica juga terbilang nyaman dilambung jadi bagi yang memiliki masalah pada lambung coba pilih jenis kopi Arabica ini.

Harga

Kedua jenis kopi ini juga memiliki rentang harga yang berbeda. Kopi robusta biasa dibandrol dengan harga yang relative stabil dan lebih murah dari pada kopi Arabica. Alasannya karena kopi robusta punya rasa cenderung sama. Kopi robusta lebih banyak dijual dalam bentuk bubuk siap seduh. Lain dnegan Arabica yang karakter rasanya lebih variaif. Semakin unik karakter rasa kopi Arabica maka semakin mahal juga harganya, apalagi jika ketersediaannya juga terbatas.

Untuk info pemesanan nada bisa hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.