Inspiratips : Tips Ampuh Redakan Nervous Berlebihan

Jadi orang yang gampang gugup sering bikin kamu senewen dalam hati. Mau lakukan apa saja kok gugup melulu, semisal mau kenalan, presentasi, sampai mau ngobrol sama calon mertua untuk kesekian kalinya masih saja nervous. Berbagai cara kayak yang diutarakan para pembicara handal public speaking sudah kamu terapkan. Tapi, kenapa belum sembuh juga ya?

Mungkin, cara yang selama ini kamu lakukan belum cocok dengan karaktermu. Bisa saja cara yang lebih pas kamu ikuti dalam mengatasi kegugupan adalah hal-hal receh yang sebelumnya nggak pernah terpikirkan. Kayak gimana tuh? Simak delapan cara receh berikut ini supaya kamu nggak gugupan ya!

  1. Coba mulai dengan atur napas

Kalau kamu masih belum percaya tentang khasiat dari mengatur napas dalam mengatasi kegugupan, nggak ada salahnya sekarang coba buktikan. Kamu bisa coba melatih diri menarik napas panjang, lalu buang secara perlahan ketika sedang gugup. Atau kamu juga latihan mengatur napas tanpa selalu dalam keadaan nervous, misalnya setiap pagi hari di teras atau menghadap jendela sambil dibuka jendelanya. Dengan begitu, udara pagi yang masih segar bisa bantu menetralisir kegugupanmu.

  1. Biasakan berpikir positif mulai sekarang.

Nervous biasa disebabkan karena banyak hal yang kamu khawatirkan. Entah karena takut presentasinya jelek atau khawatir sama first impression menurut orang yang baru kenalan tadi kamu dianggap ‘B’ saja. Padahal, segala bentuk kekhawatiran yang ada dalam otak nggak semuanya terjadi. Daripada buang-buang waktu khawatir melulu, mendingan kamu basakan berpikir positif di manapun dan kapanpun demi menghindarkan rasa nervous yang sering muncul.

  1. Ngemil apa saja yang kamu suka. Biar hati dan pikiran tenang

kamu bisa ngemil makanan apapaun yang kamu suka. Hal ini bikin kamu jadi lebih nyaman dan tenang selama gugupan. Mau makanan berat, camilan kayak snack, atau cuma permen sekalipun, selama itu bisa bikin kamu lebih rileks tentu nggak masalah.

Sumber

Nervous tidaklah baik bagi diri kita. Karena ketika kita mengalami nervous, maka kita akan takut untuk mencoba hal-hal baru bagi kita. Kita takut mencobanya karena kita takut akan melakukan kesalahan. Kemudian kebiasaan takut untuk melakukan kesalahan ini akan mengakibatkan kita stuck diposisi yang sama. Kemudian juga menjadikan kita orang yang tidak berkembang.

Dengan 3 cara di atas, mudah-mudahan kita bisa menghilangkan nervous dan bisa mengembangkan diri kita menjadi orang yang lebih baik.