Inspiratips : Menjadi Lebih Kreatif

Kalau kamu selama ini beranggapan bahwa menjadi kreatif itu adalah anugerah dari bayi, kamu salah besar. Semua orang bisa jadi kreatif, guys! Menjadi kreatif adalah sebuah skill yang bisa kamu kembangkan dan latih.

Tentu ada langkah-langkah tertentu yang bisa kamu coba untuk mengasah kreativitasmu. Langkah apa aja sih yang dimaksud? Langsung dicek satu-satu aja yuk:

  1. Mulai Cari Tahu Hal-Hal Baru Yang Tidak Pernah Kamu Pedulikan Sebelumnya

Cobalah untuk lebih kepo dan lebih peduli dengan hal-hal yang selama ini tidak pernah kamu gubris. Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu coba untuk menjadi lebih kreatif.

Seperti bagaimana cara menyulap botol plastik bekasmu, bagaimana untuk membuat kameramu sendiri, atau bagaimana cara merapikan rumahmu dengan oke. Mulai juga untuk ikuti berita-berita terkini.

  1. Coba Tuangkan Pikiranmu Ke Dalam Tulisan

Saat kamu kebingungan untuk mengeluarkan unek-unek, atau saat banyak ide yang bermunculan dalam kepalamu, cobalah untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Tulisan bisa membantumu untuk lebih mudah fokus dan menata pola pemikiranmu.

  1. Mulailah Untuk Ngobrol Dengan Orang Lain

Berkomunikasi dan mengobrol dengan orang lain juga bisa membuatmu bertambah kreatif. Kamu bisa belajar bagaimana kerasnya kehidupan dari pengamen jalanan atau manisnya kesabaran dan kerja keras dari pengusaha-pengusaha yang merintis usahanya dari nol.

Setiap orang memiliki ceritanya sendiri-sendiri dari cerita itu kamu bisa mengembangkan perspektif dirimu, membuatmu kagum atau memberimu segudang pengetahuan tentang banyak hal yang selama ini tidak terbayangkan olehmu.

Sumber

Orang yang kreatif menjadikan sesuatu yang ‘ Baru ‘. Yang ‘ Baru ‘ itu mungkin merupakan ‘ silangan ‘ dari 2 barang menjadi barang lain yang baru. Dalam arti luas ‘ Kreatif ‘ itu tidak saja membuat barang baru yang sebelumnya ‘ ada ‘ termasuk juga berlaku positif untuk kepentingan orang lain. Sebagai contoh, menyingkirkan ‘ batu ‘ ditengah jalan agar orang terhindar dari celaka. Menanam pohon apa saja yang berguna untuk masa yang akan datang. Semua tindakan ‘ positif ‘ itu merupakan tindakan kreatif yang menguntungkan orang lain. Dalam bisnis kreatifitas memegang peranan penting karena dengan kreatif dapat menciptakan hal-hal baru demi keuntungan perusahaan. Banyak profesi yang memerlukan kreatifitas yang tinggi seperti pelukis, perancang mode, Arsitek, Design produk, watawan dll. Orang yang kreatif akan mencari inspirasi setiap saat sehingga ada ide-ide baru yang segar.