Input atau masukan apa saja yang dibutuhkan dalam proses estimasi biaya proyek (estimate cost) ?

manajemen_proyek

(dummy) #1

Salah satu proses dalam kita melakukan project cost management adalah kita melakukan estimate cost. dalam estimate cost terdapat 3 tahapan yaitu input process dan output. yang saya tanyakan adalah apa sajakah input dari estimate cost?


(Fikri Rizky Adinata) #2

  1. Cost Management Plan
    Banyak Project Manager melakukan kesalahan ini dengan tidak memasukkan ‘own cost’ dan ‘supporting team cost’ mereka saat melakukan estimate cost. Anda harus memasukkan biaya pengelolaan proyek, biaya tim manajemen proyek, biaya dokumentasi dan biaya item terkait lainnya sambil memperkirakan. Ini adalah item yang sangat penting yang perlu disertakan dalam memperkirakan.

  2. Human resource management plan
    kita juga harus mengetahui berapa yang harus kita bayar kepada staff kita karena setiap staff memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda tingkat kesulitannya. kita juga harus tau bagaimana kita memberi reward yangmana kita harus menambah cost ekstra untuk meningkatkan motivasi dari staff itu sendiri

  3. Scope baselines
    scope baseline umumnya terdiri dari project scope statement, work breakdown structure, and work breakdown structure dictionary. Sebagai Project Manager yang ideal, kita harus tahu pekerjaan apa yang perlu kita lakukan atau pekerjaan apa yang perlu diestimasi. kita harus melakukan melihat scope work sehingga kita bisa memperkirakan dengan akurat.

  4. Project Schedule
    kita harus tau tanggal dimana project kita telah mencapai hasil (selesai). karena apabila terdapat sesuatu yang ingin kita beli, kita harus tau waktu kapan kita harus membeli sesuatu dengan tepat. hal ini karena apabila tidak sesuai maka akan menambah cost itu sendiri. contohnya kita membeli server di bulan januari dengan membelinya di bulan agustus harganya tidak sama karena terdapat fluktuasi harga

  5. Risk register
    seiring berjalannya project banyak risiko yang akan ditemui atau mungkin kita sudah memiliki risk control planning untuk menanggulangi risiko tersebut. hal itu membutuhkan biaya. kita harus memasukkan biaya risk control pada estimate cost

  6. Enterprise environmental factors
    Sebagai Project Manager kita harus mengetahui kondisi pasar. seperti dimana kita akan mengerjakan proyek ini dan dimana tempat kita mendapatkan barang tersebut. pertimbangkan konversi mata uang jika kita \ memerlukan sesuatu di luar dari negara kita, perkiraan kita akan menjadi sangat mempengaruhi cost karena konversi mata uang.

  7. Organizational process asset
    record dari proyek-proyek anda yang telah selesai juga perlukan untuk dilakukan estimasi. Anda juga harus tahu juga kebijakan yang tepat.

Referensi


(Irvan Dwiantono Kartomiharjo) #3

Informasi masukan yang dibutuhkan dalam melakukan estimasi biaya proyek antara lain :

  1. Cost Management Plan
    Cost Managagement Plan menjelaskan bagaimana biaya proyek akan diatur dan dikontrol.

  2. Human Resource Management
    Rencana pengelolaan sumber daya manusiamengatur mengenai perkiraan jumlahkepegawaian, tarif personil, dan skill masing masing personil.

  3. Scope Baseline

    • Project Scope Statement, Berisi Deskripsi product, kriteria produk yang diterima, key deliverables, Batasan proyek, asumsi, dan constrain proyek.
    • Work Breakdown Structure, Berisi hubungan antara semua komponen proyek dan proyek deliverables.
    • WBS Dictionary, Berisi informasi detail mengenai deliverables dan deskripsi kerja tiap komponen di WBS yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap deliverable.
  4. Project Schedule
    Jenis dan kuantitas sumber daya dan jumlah waktu yang diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan dari proyek ini adalahfaktor utama dalam menentukan biaya proyek.

  5. Risk Register
    Daftar risiko harus mempertimbangkan biaya risk response.

  6. Enterprise Enviromental Factors
    Faktor-faktor lingkungan perusahaan yang mempengaruhi proses Biaya Perkiraan :

    • Market Conditions
    • Published commercial information.
  7. Organizational Process Assets
    Aset proses organisasi yang mempengaruhi proses Biaya Perkiraan meliputi:

    • cost estimating policies
    • cost estimating template
    • Informasi historis
    • Pelajaran

Sumber :