Inigo Meiras : CEO Ferrovial

inigomeiras

Inigo Meiras merupakan seorang CEO (Chief Executive Officier) yang berasal dari negara Spanyol. Inigo Meiras mengawali karirnya sebagai CEO sejak tahun 2009 pada bidang industri. Dan, beliau ternyata telah memasuki dalam peringkat 100 CEO terbaik tingkat dunia. Meskipun tidak masuk kedalam urutan pertama, namun Inigo Meiras termasuk CEO yang mempunyai kinerja yang baik sehingga beliau bisa menjadi pemimpin yang baik dan bisa menjadi sesukses sekarang.

Pada tahun 2009, Inigo Meiras menjabat sebagai CEO tepatnya pada bulan Oktober sebagai Chairman dan Managing Director Finecofer, S.L. Lalu, beliau juga menjabat sebagai CEO Cintra Concesiones de Infrastruktrur de Transportes. Tidak hanyai itu, beliau juga menjabat sebagai General Manager bada bidang pelayanan. Setelah itu, pada tahun tahun sebelumnya Inigo Meiras juga mempunyai riwayat kepemimpinan. Seperti contohnya pada tahun 2007 beliau menjabat sebagai CEO Ferrovial Aeropuertos tepatnya pada bulan Mei. Dan masih banyak lagi jabatan yang dipegang oleh Inigo Meiras pada tahun tahun sebelumnya sehingga beliau termasuk 100 CEO terbaik didunia.

Berbicara tentang 100 CEO terbaik didunia, para CEO tersebut harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Kriteria tersebut adalah yang pertama total pendapatan pemegang saham dan perubahan kapitalisasi pasar masing masing perusahaan, lalu, mempertimbangkan juga factor lingkungan, tata kelola sosial serta perusahaan masing masing CEO. Kriteria kriteria tersebut dibuat oleh Harvard Business Review (HBR). Menggunakan skor enviroment, sosial and governence (ESG) dari perusahaan riset investasi Sustainalytics. Pada akhirnya, hasil keuangan jangka panjang ditimbang sebesar 80 persen dan kinerja ESG memiliki porsi 20 persen untuk setiap CEO dan perusahaan.

Tidak hanya pada tingkat dunia, Inigo Meiras juga diklaim sebagai CEO terbaik dinegara asalnya yaitu Spanyol. Inigo Meiras telah ditunjuk sebagai eksekutif terbaik dari perusahaan Ibex dari Bursa Saham Madrid pada tahun 2014 oleh majalah Forbes. Tidak hanya Inigo Meiras, para CEO asal Spanyol juga menyusul. Lalu pada majalah Forbes ini, menilai berdasarkan preferensi para pembacanya dan juga berdasarkan kriteria tertentu yang dianalisis oleh perusahaan, seperti evolusi harga saham, hasil dividen, diversifikasi bisnisnya, manajemen hutang dan pendapatan.

Lalu, Inigo Meiras rupanya juga memikirkan tentang gerakan social juga. Terbukti pada hari perempuan internasional beliau bergabung bersama Komite Pengarah, gerakan solidaritas internasional HeforShe. Kegiatan ini bertujuan untuk kesetaraan gender dan mengundang semua karyawan untuk bergabung dalam inisiatif sukarela yang dipromosikan oleh perempuan PBB. Selain itu, gerakan ini juga bertujuan untuk melibatkan para pria untuk mendukun dan menjadi agen perubahan dalam mencapai kesetaraan dan bisa juga menghargai hak hak perempuan sehingga mempunyai visi yang sama.

Setelah kita melihat cuplikan kegiatan Inigo Meiras diatas, bahwa kita dapat menyimpulkan bahwa Inigo Meiras adalah seorang pribadi yang ulet, cerdas sampai beliau bisa sesukses sekarang dan bisa masuk sebagai 100 CEO terbaik didunia. Mungkin ini ada beberapa kunci sukses yang dilakukan oleh Inigo Meiras untuk merintis karir. Hal itu antara lain, tetap fokus dengan apa yang sedang dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal. Pada hal ini, beliau juga pernah mengalami pada proyek yang beliau naungi. Beliau focus pada nilai kristalisasi dan membuat portofolionya.

Lalu Inigo Meiras juga mempunyai strategi yaitu displin dalam hal keuangan. Mungkin yang dimaksud adalah beliau akan terus mencari pertumbuhan dalam proyeknya yang bisa mengahasilkan keuntungan dari investasinya tentunya.

Lalu, karena Ferrovial sudah diakui oleh Sustainability Indexes, oleh karena itu beliau ingin menunjukkan komitmennya dengan rasa tanggung jawab sosial serta kepedulian terhadap lingkungan.

Setelah itu, Inigo Meiras juga percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk menanggapi tantangan global pada sektor infrastruktur yang dihadapi saat ini. Mungkin maksudnya adalah kita harus mempunyai hal yang baru untuk suatu hal yang kita hadapi supaya tidak tertinggal oleh yang lain maupun tertinggal oleh zaman. Lalu, setelah berinovasi, beliau akan mempromosikan inovasinya agar dikenal oleh orang banyak dan perusahaan perusahaan lain.

Dengan itu semua, beliau merasa lebih solid dan lebih bisa berkompetisi tentunya pada tingkat internasional. Dan dengan itu semua beliau juga lebih siap untuk menghadapi tantangan tantangan yang mungkin akan dihadapinya. Dan beliau juga berpikiran bahwa selalu untuk menciptakan nilai bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. Dan yang terakhir, beliau merasa bahwa sudah melewati semua ini berkat asset utama yang dimilikinya, yaitu bakat dan kerjasama dari karyawan.

Sumber :