Ini Tips Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk!

Rendam Kacang Hijau
Sebelum direbus, pastikan untuk merendam kacang hijau kira-kira selama 3 sampai 4 jam atau lebih. Merendam kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus.

Masukkan Kacang Hijau Saat Air Sudah Mendidih
Usahakan agar memasukkan kacang hijau di dalam panci saat air di dalam panci sudah mendidih. Air yang telah mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, matang dan nutrisinya tidak jauh berkurang.

Atur Panas Api
Atur panas api dengan tepat. Jangan terlalu redup dan jangan pula terlalu panas. Gunakan api sedang yang stabil untuk dapatkan kacang hijau rebus yang empuk sempurna dan merata.

Tambahkan Gula & Garam Saat Kacang Hijau Mekar
Pastikan untuk tidak memasukkan gula atau garam saat kacang hijau belum mekar. Ini bisa membuat kacang hijau awet keras dan sulit empuk. Kalau pun ingin membuat bubur kacang hijau atau memberi rasa pada kacang hijau, tambahkan gula dan garam saat kacang hijau sudah empuk dan mekar.

Itulah tips merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk dan matang merata.

Rendam kacang hijau semalaman

Tekstur kacang hijau yang mentah tentunya masih keras, ya. Untuk melunakkannya, rendam kacang hijau dalam air biasa selama minimal 3 jam hingga semalaman. Semakin lama direndam (semalaman), tekstur kacang hijau akan semakin lunak sehingga waktu masaknya tak perlu lama-lama. Selain itu, cara ini juga membuat bulirnya tidak pecah ketika dimasak. Namun kalau semalaman terlalu lama, anda bisa langsung memasak kacang hijau mentah dengan panci presto. Pastikan takaran airnya cukup banyak untuk memasak si kacang hijau, ya.