Ini tempat wisata yang harus dikunjungi saat ke Laos

image

Laos, salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak candi serta bangunan yang menakjubkan. Selain itu keindahan alam berupa gunung-gunungnya pun memikat para wisatawan untuk datang berkunjung. tempat wisata yang menurut pengalaman saya sayang jika tidak dikunjungi ketika melawat ke negeri ini adalah Obyek wisata yang bernama Pha That Luang yang merupakan sebuah candi budha yang berukuran cukup besar dan berlapis emas. Berada di pusat kota Vientiane, candi yang satu ini mempunyai 3 tingkat yang masing-masing tingkat sebagai refleksi bagian dari doktrin budha. Pha That Luang merupakan Stupa besar peninggalan Buddha dengan tinggi kurang lebih 45 meter dan lebarnya sekitar 69 meter. Pha That Luang ini bentuknya seperti piramida dan di skelilingnya dikelilingi oleh stupa kecil dengan jumlah sekitar 30 stupa kecil.

Atau mungkin anda punya rekomendasi tempat wisata lain jika berlibur ke Laos? Yuk Reply aja topic ini!


Rekomendasi 1 :
Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong merupakan candi budha yang lokasiya ada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Tempat yang dibangun pada 1559 ini merupakan sebuah monumen simbol semangat agama serta seni tradisional.

Pembangunan candi budha ini dilakukan oleh Raja Setthatirath dan tepatnya ada di pertemuan antara Sungai Mekong dengan sungai Nam Khan. Bangunan ini sungguh menakjubkan, dengan pintu kayu berukir dan dilapisi emas. Sekitar tahun 1950-1960an dilakukan renovasi secara keseluruhan untuk memperbaiki candi-candi yang rusak karena kurang terawat dan yang rusak akibat peperangan. Bagi anda yan datang ke tempat ini anda bisa menemukan keunikan dari Wat Xieng Thong. Tempat wisata ini mirip dengan rumah adat yang ada di Indonesia. Meskipun sudah lama direnovasi, tempat ini masih terlihat berdiri kokoh dan terjaga dengan baik.



Rekomendasi 2 :
Buddha Park

Tempat wisata yang satu ini dikenal juga dengan nama Xieng Khuan. Ini merupakan taman patung yang berlokasi kurang lebih 25 km arah tenggara Vientiane. Walaupun di area wisata tersebut tidak ditemukan candi, akan tetapi Budha Park tetap saja dinamakan Wat Xieng Khuan. Karena terdapat lebih dari 200 buah patung budha dan hindu, maka pemerintah memutuskan untuk membuat area tersebut sebagai lokasi wisata.

Memang bentuk patung-patung tersebut mirip dengan patung pada abad ke-17 atau 18. Akan tetapi sebenarnya patung-patung yang ada di Budha Park diperkirakan pembuatannya dilakukan oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958. Patung Buddha banyak yang menghiasi taman ini. Selain bisa diguakan utnuk tempat wisata, Buddha Park ini bisa digunakan untuk wisata pengetahuan dan budaya saat berada di Taman Buddha ini.



Rekomendasi 3 :
Wat Si Saket

Selanjutnya ada Wat Si Saket. Ini merupakan candi budha yang ada di Vientiane, Laos, dan pembangunannya dilakukan pada tahun 1818. Mengusung arsitektur budha gaya Siamese, candi yang satu ini dibangun atas perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V). Pada dinding Wat Si Saket, kita akan melihat banyaknya perak serta keramik. Diperkirakan jumlah perak dan keramiknya mencapai lebih dari 2000 buah. Selain keindahan arsitekturnya, candi tersebut pun punya museum di bagian dalam.

Wat Si Saket ini letaknya ada di jantung kota Vientiane. Wat Si Saket bentuknya mirip dengan kuil. Kuil ini dijadikan sebagai adalah satu-satunya untuk sobrevio invasi yang dilakukan oleh tentara Siam sejak tahun 1828. kuil ini adalah kuil paling tua di Vientiane. Ciri khas kuil ini adalah mempertahankan bentuk aslinya aslinya untuk Sisaket. Sedikitnya ada hampir sebanyak 7000 patung Buddha yang dipasang di depan Wat Si Saket. Patung itu juga menjadi desai interior Wat Si Saket. Wat Si Saket adalah salah satu daya tarik wisata yang ada di Kota Vientine ibukota Laos.



Rekomendasi 4 :
Phu Chi FA

Tempat wisata yang populer di Laos selanjutnya bernama Phu Chi Fa yang merupakan gunung serta hutan taman nasional yang letaknya ada di perbatasan negara Thailand dan Laos. Panorama pegunungan di sekitarnya begitu menawan dan kala menjelang fajar biasanya wisatawan banyak yang datang untuk melihat kabut yang tampak seperi lautan menutupi gunung-gunung di sekelilingnya.

Pu Chi Fa mempunyai ketinggian antara 1200 meter sampai dengan 1600 meter di atas permukaan air laut, dengan suhu sekitar 20OC. Perlu diketahui juga bahwa Pu Chi Fa punya 3 musim, yaitu musim panas, hujan, dan musim dingin. Adanya ketiga musim tersebut dipengaruhi oleh angin muson tropis. Kegiatan yang bisa anda lakukan di pagi hari adalah Anda bisa menyaksikan matahari terbit diatas awan yang mirip dengan lautan awan.



Rekomendasi 5 :
Phou Si

Ini juga obyek wisata Laos yang populer. Namanya adalah Bukit Phou Si dengan ketinggianya sampai dengan 100 meter dan lokasinya ada di Kota Tua Luang Prabang. Bukit ini disebut sebagai rumah agama untuk warga sekitar dan diapit oleh 2 sungai, yaitu Sungai Nam Khan serta Sungai Mekong.

Di lokasi ini akan anda temui beberapa candi budha. Apabila anda naik ke atas bukitnya, baru setengah perjalanan, di bawah sana (menghadap arah Sungai Nam Khan) akan tampak Wat Tham Phou Si. Sementara apabila anda telah sampai di atas bukit, akan terlihat panorama yang menawan dari ketinggian, termasuk Wat Chom Si, sebuah candi budha yang menjadi salah satu magnet wisatawan saat berkunjung ke Kota Tua Luang Prabang. Saat berada di puncak Pho Si pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan yang sanagat terkenal. Di atas puncak ini ada banyak kuil. Saat akan menuju tempat ini anda harus melalui tanjakan dan juga turunan. Pengunjung juga bisa melihat keindahan pegunungan yang mengelilingi Phou Si.



Rekomendasi 6 :
Bolaven Plateau

Selanjuntnya kita akan berkunjung ke Bolaven Plateau, sebuah dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1000 sampai dengan 1350 meter di atas permukaan air laut. Letaknya diantara Pegunungan Annamite yang ada di perbatasan negara Laos dengan Vietnam. Memiliki daya tarik berupa sungai-sungai yang melintasi lokasi ini dan juga air terjun yang cukup banyak.

Tempat satu ini menjadi tempat wisata karena mempunyai banyak air terjun, bisa dibilang air terjun di sini tak terhitung lagi jumlahnya. Sedangkan untuk namanya sendiri yaitu Bolaven, asalnya dari Laven yang merupakan kelompok etnis yang mendominasi wilayah tersebut. Air terjun paling terkenal di Bolaven Plateau bernama Air Terjun Tad Lo, mempunyai beraneka macam tanaman di sekelilingnya.

Keindahan Air Terjun yang hanya memiliki tinggi beberapa meter saja ini sudah amat terkenal, sehingga dijadikan sebagai air terjun paling populer di Bolaven Plateau. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke air terjun paling tinggi di Laos bernama Air Terjun Taat Fang/ Dong Hua Sao yang ketinggiannya mencapai 120 meter.