Ini Loh Tips Memilih Konsultan Managemen Terbaik

Konsultan adalah salah satu bagian penting dalam menjalankan sebuah proyek. Tugas utama konsultan ini adalah memberikan nasihat, bimbingan serta arahan secara professional kepada pelaku yang sedang menjalankan proyek.

Keberadaan konsultan inilah yang nantinya bisa menentukan hasil dari proyek yang dikerjakan. Dengan mempertimbangkan banyak hal maka kemungkinan besar hasil proyek yang dijalankan menjadi sangat memuaskan dan terhindar dari berbagai permasalahan atau kendala yang mengganggu.

Perlu diketahui bahwa tidak semua konsultan manajemen proyek memiliki kualitas yang memadai, perhatikan beberapa hal berikut ini jika Anda hendak menyewa sebuah jasa konsultan untuk memanajemen proyek Anda untuk dapatkan hasil yang memuaskan.

Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Menyewa Jasa Konsultan Manajemen Proyek

Buatlah anggaran

Menentukan anggaran menjadi hal yang penting sebelum Anda memutuskan untuk memilih sebuah jasa konsultan manajemen proyek. Dengan demikian maka nantinya Anda lebih mudah dalam menentukan jasa yang sesuai dengan anggaran Anda. Hal ini mengingat ada banyak sekali jasa konsultan yang ada dipasaran dengan tawaran harga yang berbeda-beda mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Tentunya semua itu juga dipengaruhi dari kualitas masing-masing pemilik jasa.

Pahami dengan benar tugas konsultan untuk management proyek

Untuk meningkatkan kualitas sistem management proyek Anda, maka cobalah terlebih dahulu memahami pekerjaan seorang konsultan manajemen proyek terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan demikian maka Anda bisa melimpahkan pekerjaan pada konsultan dengan jelas dan terstruktur sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di pertengahan jalan atau di hasil akhir.

Perbanyak referensi

Dengan banyaknya jasa konsultan yang ada, membuat calon pengguna jasa kebingungan untuk dapatkan jasa konsultan manajemen proyek terbaik. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda harus memperbanyak referensi dengan mencari rekomendasi dari rekan kerja, teman, keluarga atau siapa saja yang sekiranya lebih berpengalaman dalam memilih konsultan untuk management proyek Anda.

Pilihlah konsultan yang sudah ahli, kompeten, professional dan berpengalaman

Penting melihat terlebih dahulu background konsultan manajemen proyek yang hendak Anda pilih untuk mengetahui seberapa berkualitaskah mereka. Ahli dan berkompeten berarti jasa tersebut benar-benar memiliki kemampuan yang terpercaya mengenai manajemen proyek. Sedangkan professional dan berpengalaman berarti bahwa mereka bisa melakukan tugas dan tanggung jawab dengan sangat baik, berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan dari banyaknya proyek yang dikerjakan selama ini.

Pilih konsultan yang memiliki legalitas jelas

Dalam bagian ini berarti konsultan yang Anda pilih bernaung di perusahaan yang memiliki legalitas jelas dan lengkap. Inilah yang nantinya memberikan jaminan atas pekerjaan mereka sehingga jika terjadi sesuatu, Anda bisa dapatkan tanggung jawab yang baik.

Pentingnya Mempertimbangkan Harga Dan Service

Ingat bahwasanya harga dipengaruhi oleh kualitas, jadi pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan apa yang konsultan manajemen proyek berikan pada Anda. Ketika Anda nantinya hendak membuat anggaran maka jangan hanya mengutamakan harga yang murah saja.

Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas yang dimiliki terutama dalam persoalan layanan. Pelayanan yang baik akan membantu melancarkan segala urusan dalam pengelolaan rencana dan pengerjaan proyek sehingga harus dipertimbangkan dengan sangat baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin memilih konsultan manajemen proyek yang memiliki kualitas terbaik. Selain yang telah disebutkan di atas, carilah konsultan yang memberikan layanan berjangka panjang.

Meski kontrak telah selesai namun mereka tetap melakukan monitoring dalam beberapa waktu untuk melihat hasil dari pekerjaan mereka apakah berjalan dengan baik atau tidak. dengan demikian baik dari perencanaan, proses pengerjaan hingga setelah pengerjaan semua terorganisir dan terpantau dengan baik.

Konsultan manajemen yang bagus harus bisa selalu memuaskan para kliennya. Dengan begitu, sang klien dalam hal ini sebuah perusahaan tertentu dapat lebih maju dan lebih berkembang terutama pada bidang Sumber Daya Manusianya. Perlu Anda ketahui bahwa sebuah perusahaan yang sudah memiliki lini SDM, banyak yang belum bisa mengoptimalkan kinerja kerjanya.

Perusahaan dengan kondisi seperti itu perlu melakukan pembenahan di dalam lingkungannya sendiri agar tidak makin terpuruk. Salah satu caranya, yaitu dengan menyewa jasa konsultan manajemen untuk memberikan solusi praktis dan nyata agar perusahaan yang bersangkutan dapat bergerak lebih maju dan berkembang.

Mereka yang bergerak di bidang konsultan manajemen seperti ini biasanya dinaungi oleh perusahaan tertentu yang memang khusus bergerak di bidang SDM. Oleh karena itu, tidak heran jika sebagian karyawannya merupakan jebolan dari pendidikan tinggi yang berkualitas, bukan hanya tingkat S1 tetapi juga tidak sedikit yang S2.

Anda memiliki sebuah perusahaan yang sedang berkembang saat ini, tidak ada salahnya menyewa konsultan seperti ini. Jangan sampai masalah SDM di perusahaan Anda berlarut-larut hingga menjadikan laju operasional perusahaan menjadi terhambat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa SDM yang tidak berkualitas, kurang berpengalaman, bermasalah dengan lingkungan kerja, dan lain sebagainya merupakan salah satu faktor penghambat sebuah perusahaan yang ingin maju dan berkembang. Oleh karena itu, harus segera dicari solusinya dengan menyewa jasa konsultan manajemen.

Tips Memilih Konsultan Manajemen Terbaik

Sementara itu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menyewa jasa konsultan manajemen, antara lain sebagai berikut:

1. Profesional

konsultan manajemen

Konsultan yang profesional dapat dilihat dari cara kerjanya. Cara kerja yang terstruktur dengan memberikan solusi yang tepat sasaran merupakan hasil dari seorang konsultan yang profesional. Kinerja seperti itu bisa didapatkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, konsultan yang profesional sudah pasti berpengalaman cukup lama menangani banyak klien yang membutuhkan bimbingannya.

2. Memiliki Popularitas yang Baik

konsultan manajemen

Anda dapat mencari konsultan manajemen dengan popularitas yang baik. Sebuah perusahaan konsultan yang sudah banyak menangani klien dari perusahaan kecil dan besar.

Popularitasnya cukup disegani di antara perusahaan-perusahaan yang pernah menyewa jasanya, sehingga memiliki nama baik. Silakan Anda menyewa jasa konsultan dengan kriteria seperti itu.

3. Tarif Konsultasi yang Terjangkau

konsultan manajemen

Hal ini penting untuk Anda ketahui, yaitu tarif yang akan dibebankan pada Anda. Apalagi Anda yang hanya memiliki perusahaan kelas menengah ke bawah, sebaiknya menyewa jasa konsultan dengan tarif yang terjangkau. Dengan begitu, dana untuk berkonsultasi tidak melebihi dari anggaran yang dimiliki atau over budget.

Namun demikian, setelah berkonsultasi Anda harus bisa mengaplikasikannya langsung pada kinerja perusahaan untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Baca juga: 7 Lowongan Kerja Yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2020 Nanti

Ada beberapa cara lain juga yang bisa Anda lakukan untuk mencari konsultan manajemen yang berkualitas, antara lain sebagai berikut:

1. Bertanya Kepada Orang Lain

Anda bisa bertanya pada orang lain, seperti saudara, teman, atau yang lainnya untuk mencari konsultan manajemen. Tentu saja mereka yang ditanya harus paham dan mengerti tentang bidang ini. Informasi dari mereka dapat Anda jadikan referensi yang sangat bermanfaat. Dengan begitu, Anda bisa menemukan konsultan manajemen yang bagus.

2. Memanfaatkan Dunia Maya

Anda pun bisa mencari konsultan manajemen di dunia maya atau internet. Dengan cara, menggunakan fasilitas mesin pencari atau search engine, lalu menuliskan kata kunci tertentu.

Setelah keluar beberapa alamat website, silakan Anda membuka dan mengunjunginya. Carilah konsultan manajeman yang cocok dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jangan sampai salah memilih karena hanya akan mengecewakan Anda.

3. Informasi Dari Perusahaan Lain

Anda tentu saja memiliki relasi atau rekan bisnis saat menjalankan usaha. Tidak ada salahnya anda bertanya kepada mereka untuk menemukan konsultan manajemen yang berkualitas dan terpercaya.

Relasi Anda tersebut mungkin sudah pernah memakai jasa konsultan seperti itu. Oleh karena itu, bisnisnya makin maju dan berkembang karena disokong oleh SDM yang berkualitas juga. Anda juga jangan sampai ketinggalan untuk memiliki perusahaan yang maju dan berkembang dengan menemukankonsultan it manajemen SDM yang bagus.

sumber : http://toghr.com/tips-memilih-konsultan-manajemen-terbaik/