Ini Dia Jenis Makanan yang Sebaiknya Dijauhkan dari Alumunium Foil

makanan dengan alumunium foil

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa akur dengan aluminium foil. Jenis makanan tersebut adalah makanan yang mengandung asam cukup banyak.

Alumunium termasuk salah satu logam aktif. Logam aktif ini jika bertemu dengan asam akan bereaksi. Hasilnya, sebagian molekul dari alumunium tersebut akan ikut terangkut ke dalam makanan tersebut. Akibatnya, makanan akan sedikit menjadi berasa logam. Hasil dari reaksi ini juga dapat membentuk bintik-bintik putih pada makanan tersebut. Bintik-bintik tersebut sesungguhnya adalah garam hasil reaksi alumunium dengan asam tersebut.

Lantas apakah adanya kandungan alumunium dalam makanan ini berbahaya? Alumunium bukanlah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah yang banyak. Jika tubuh kita terlalu banyak menerima alumunium, dikhawatirkan akan berpengaruh bagi organ-organ tubuh kita. Hmm, ngeri juga ya. Kalau begitu, mulai sekarang sebisa mungkin kurangilah menyimpan makanan yang mengandung asam seperti saus tomat, jeruk, atau cuka menggunakan alumunium foil.

Sumber:
sains.me