Ini Bagus : Setiap Peristiwa Memiliki Sisi Baiknya

Ini Bagus

Sebuah kisah lama tentang seorang raja di Afrika yang memiliki teman dekat yang tinggal bersamanya. Temannya memiliki kebiasaan melihat setiap situasi yang pernah terjadi dalam hidupnya (positif atau negatif) dan berkata, “Ini bagus!”

Suatu hari raja dan temannya keluar untuk berburu. Temannya menyiapkan senjata untuk raja. Ia tampaknya telah melakukan kesalahan dalam menyiapkan salah satu senjata. Setelah mengambil pistol dari temannya, raja menembakkannya, dan ibu jarinya terluka parah. Melihat kondisi tersebut, seperti biasanya sang teman raja mengatakan, “Ini bagus!”. Raja menjawab, “Tidak, ini TIDAK bagus!” lalu segera mengirim temannya ke penjara.

Sekitar setahun kemudian, raja berburu di daerah yang seharusnya dia hindari. Kanibal menangkapnya dan membawanya ke desa mereka. Mereka mengikat tangan raja, menumpuk kayu, memasang pasak, dan mengikatnya ke pasak. Ketika mereka hampir saja membakar kayu, mereka memperhatikan bahwa sang raja kehilangan satu jempol. Dalam takhayul kanibal, mereka tidak pernah makan siapa pun yang tubuhnya kurang utuh. Jadi, kanibal membuka ikatan raja, dan melepaskannya.

Ketika raja kembali ke istana, dia teringat akan insiden yang menghempaskan ibu jarinya dan merasa sedih atas perlakuannya terhadap temannya. Raja segera pergi ke penjara untuk berbicara dengan temannya. “Kamu benar,” katanya, “bagus jempolku meledak.” Dan dia melanjutkan untuk memberitahu temannya tentang semua yang baru saja terjadi. “Dan aku sangat menyesal telah mengirimmu ke penjara begitu lama. Sangat buruk bagiku untuk melakukan ini.”

“Tidak,” temannya menjawab, “Ini bagus!” "Apa maksudmu, ini bagus’? Tanya raja.

“Bagaimana bisa baik, saya mengirim teman saya ke penjara selama satu tahun?” Tanya sang raja.

“Jika aku TIDAK di penjara, aku akan bersamamu.” kata temannya.

Referensi

https://projectaccess.uoregon.edu/teachers/selfawareness/motivation/e.%20ACCESS%2012%20Motivational%20Stories%20Writing%20Discussion%20Questions%20SH.pdf