Ini Alasan Kamu Harus Ganti Sikat Gigi Tiap 3 Bulan Sekali!

image

Sikat gigi merupakan alat yang berguna untuk menjauhkanmu dari bau mulut dan gangguan gigi lainnya. Oleh karena itu, menyikat gigi secara rutin pagi dan malam perlu untuk dilakukan.

Meskipun demikian, kesehatan gigi tak cukup dengan hanya menyikat gigi saja. Sejumlah hal yang perlu kamu pertimbangkan yakni mengganti sikat gigi.

Sikat gigi yang jarang diganti dan terus dipakai lebih dari tiga bulan justru menjadi sarang bakteri. Jika kebiasaan malas itu dibiarkan dalam waktu yang lama, sikat gigi justru bisa memindahkan bakteri ke dalam mulutmu.

Bahkan, jurnal American Society of Microbiology pada tahun 2015 pernah mengumumkan adanya penyebaran bakteri koliform pada feses sampai ke sikat gigi.

Keith Arbeitman seorang dokter gigi yang bekerja 15 tahun di New York menyebutkan, sebagian besar pasiennya jarang mengganti sikat gigi yang mereka gunakan.

Asosiasi Dokter Gigi (ADA) di Amerika sebenarnya menyarakan untuk mengganti sikat gigi selama tiga bulan sekali. Akan tetapi, menurut Arbeitman hal itu tergantung dengan seberapa sering kamu menggunakan sikat gigi.

“Bagi orang-orang yang menyikat gigi dua kali sehari, saran untuk mengganti sikat gigi selama tiga bulan sekali benar adanya. Jika bulu sikat sudah mulai bengkok, itu tandanya sikat gigimu sudah tidak efektif bekerja,” ujar Arbeitman

Salah satu cara lainnya untuk memastikan sikat gigimu mulai tak baik untuk bekerja yakni, menggunakan lidah. Gerakan sikat ke bagian lidah, biasanya sikat yang bagus akan memberikan rasa yang bersih dan licin. Jika kamu tak merasakan kedua hal tersebut dalam sikat gigimu ada baiknya untuk segera menggantinya.