Ingvar Kamprad: Founder IKEA

Sumber: http://wp.jsstatic.com/wp-content/uploads/sites/2/2015/03/ingvar-kamprad-jobstreet-talent-of-the-month-founder-of-IKEA-2.jpg

Biografi, Ingvar Kamprad


Pekerjaan
Founder of IKEA

Afiliasi lainnya

Tempat dan Tanggal Lahir
Pjatteryd, 30 Maret 1926

Kewarganegaraan
Swedia

Pendidikan

Total Kekayaan
$40.3 miliar (November 2016)

Peringkat berdasarkan Forbes
4th on Billionares List (2006)
11th on Richest Person in the World (2010)

Riwayat Hidup


Ingvar Feodor Kamprad lahir di Swedia pada tahun 1926. Kamprad dibesarkan di sebuah peternakan bernama Elmtaryd dekat desa kecil bernama Agunnaryd. Sebelumnya, jiwa bisnis telah mengalir dalam keluarga Kamprad. Pada tahun 1897, perusahaan milik kakek dari Kamprad mengalami kebangkrutan karena tidak mampu membayar surat gadai dan memutuskan untuk bunuh diri. Tetapi, nenek dari Kamprad berhasil menyelamatkan bisnis tersebut. Ia mengajarkan kepada cucunya untuk melewati rintangan dan menjalani hidup dengan kekuatan serta ketekunan.

Kamprad memulai bisnis skala kecil ketika ia berusia 6 tahun dengan cara menjual korek api kepada tetangganya. Seiring berjalannya waktu, tidak hanya korek api yang ia jual, tetapi juga ikan, dekorasi pohon natal, pulpen dan lainnya.

Kamprad telah menikah sebanyak dua kali. Bersama istri pertamanya, Kerstin Wadling, Kamprad mengadopsi anak perempuan, Annika.

Pada tahun 1960, Kamprad menikahi Margaretha Kamprad-Stennert ketika Margaretha berumur 20 tahun. Pernikahan keduanya dikaruniai tiga orang putra: Peter, Jonas, Mathias. Istri kedua Kamprad, Margaretha, meninggal pada tahun 2011 dikarenakan sebuah penyakit yang dirahasiakan di umurnya yang ke-71 tahun.

Beberapa tahun setelah kepergian Margaretha, Kamprad kembali tinggal di Swedia.

Riwayat Karir


Karir Kamprad sebagai seorang pebisnis sukses dimulai sejak ia kecil dengan berjualan korek api dan memperhitungkan keuntungan yang bisa ia dapat. Seiring waktu, ia memperluas jenis barang jualannya, seperti kartu natal, ikan, pensil, pulpen.

Suatu hari, ayah Kamprad mengatakan bahwa jika ia terus seperti itu, ia tidak akan menciptakan sesuatu sendiri. Sejak saat itu, Kamprad mengubah cara hidupnya, yaitu lebih fokus dengan pencapaian daripada tidur.

Kamprad memperluas lagi jenis barang jualannya denga menambah dompet, jam, perhiasan, dan sejenisnya. Sekitar tahun 1940-an, Kamprad memesan 500 pulpen dari Paris dengan uang pinjaman dari bank. Menurut Kamprad, peminjaman itu adalah kegiatan pinjam pertama dan terakhir yang ia lakukan dalam hidupnya.

Saat ia berumur 17 tahun, pada tahun 1943, ayahnya memberi hadiah sejumlah uang atas pencapaiannya dalam pendidikan. Dengan uang tersebut, terbitlah IKEA. Kamprad memiliki ide untuk memberikan tugas perakitan perabotan kepada konsumen, sehingga perabotan muat dan bisa masuk ke dalam bagasi mobil. Dengan ide ini, IKEA bisa menjual barang dengan harga lebih murah dan menguntungkan perusahaan. Showroom di IKEA mengizinkan konsumen untuk melihat, menyentuh, merasakan dan yakin akan kualitas barang yang akan mereka beli.

Menurut orang-orang yang bekerja dengan Kamprad, beliau adalah pemasar yang brilian dan orang yang bijak tak pernah melakukan kesalahan. Sampai tahun ini, IKEA sudah ada di 392 tempat dengan jumlah pekerja 183.000. Pada 2017, IKEA akan ada di Hyderabad.

Fakta-fakta


  1. Memulai bisnis sejak umur 6 tahun dengan menjual korek api

  2. Kebanyakan baju yang ia miliki adalah baju bekas atau second-hand

  3. Ingvar Kamprad mengidap disleksia selagi kecil

  4. Pada malam Gala, Kamprad naik bus umum untuk sampai ke tujuan dan sempat dihadang security. Padahal, ia datang dengan bus umum untuk mengambil penghargaan yang ia dapatkan

  5. Saat umur 85 tahun, ia melakukan operasi jantung

  6. Kamprad lebih dan tetap memilih untuk bepergian dengan pesawat di kelas ekonomi, menginap di hotel murah, mengendarai mobil Volvo.

  7. Kamprad lebih suka memanggil para pekerjanya sebagai rekan kerja

  8. Istri kedua Kamprad adalah motivasi Kamprad untuk mewujudkan mimpinya mendirikan IKEA.

  9. Ia memulai bisnis IKEA dengan uang yang diberikan oleh ayahnya

  10. Nama IKEA diambil dari huruf depan nama Ingvar Kamprad, dan EA, dari nama peternakan dan desa tempat ia bertumbuh dewasa.

Quotes


“The most dangerous poison is the feeling of achievement. The antidote is to every evening think what can be done better tomorrow.” Ingvar Kamprad

“The word impossible has been and must remain deleted from our dictionary.” Ingvar Kamprad

“Waste of resources is a mortal sin at IKEA.” Ingvar Kamprad

“Time is your most important resource. You can do so much in ten minutes. Ten minutes; once gone is gone for good.” Ingvar Kamprad

“People say I’m cheap, and I don’t mind if they do. How the hell can I tell people who work for me to travel cheaply when I travel in luxury? It’s a question of good leadership.” Ingvar Kamprad

[details=Referensi]https://astrumpeople.com/ingvar-kamprad-biography-success-story-of-ikea-founder/
http://www.famous-entrepreneurs.com/ingvar-kamprad
http://inspireminds.in/englishblog/1028/inspiring-success-story-of-ingvar-kamprad-founder-of-ikea.html http://www.forbes.com/profile/ingvar-kamprad/
https://en.wikipedia.org/wiki/Ingvar_Kamprad
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/i/ingvar_kamprad.html[/details]

2 Likes

Ingvar kamprad terlahir dari keluarga yang telah memiliki jiwa bisnis(peternakan), suatu ketika peternakan yang dimiliki kakeknya mengalami kebangkrutan hingga menewaskan kakek ingvar kamprad, tetapi neneknya bisa menyelematkan peternakan tersebut. Dia mengajarkan kepada cucunya untuk melewati rintangan dan menjalani hidup dengan kekuatan serta ketekunan, mulai dari situlah perjuangan bisnis ingvar kamprad dimulai, ketika dia berumur lima tahun memulai belajar dari menjual korek api ke tetangga dengan harga murah tetapi tetap mendapatkan keuntungan sedikit, tidak berhenti dari situ ketika ingvar kamprad memasuki usia tujuh tahun ketika dia sudah bisa mengendarai sepeda dia mulai menjual lebih banyak produk lain seperti ikan, hiasan pohon natal, biji-bijian, pulpen dan pensil.

Ketika ingvang kamprad menginjak usia 17 tahun dia dihadiahkan oleh ayahnya sejumlah uang, dengan uang itu ia menambahkanya untuk modal usaha dengan semakin berkembangnya bisnis ingvang kamprad berhasil menambah produk seperti furniture, jam, perhiasan dan berbagai barang lainnya. Hingga dia mengalami kewalahan dalam mengantarkan pesanan barang, Dengan bertambahnya barang ia pun mulai untuk menampilkan barang nya di showrom yang telah ia bangun pada tahun 1953, tetapi ia mengalami disklesia yang cukup lama hingga mengenal barang nya dengan kode terkadang lupa tetapi ingvang kamprad menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan cara menamai setiap barang dengan nama tempat yang berada di Norwegia.

Hal Hal yang dapat menginspirasi saya:

  • Berpengang teguh pada satu tujuan yang ditekuni.
  • Hidup Sederhana meskipun kesuksesan telah dicapai.
  • Mencari setiap solusi terhadap suatu masalah .
  • Tidak cepat puas dan selalu berfikir inovatif.
  • Menjadi orang yang mudah bergaul dengan lingkungan sekitar karena satu informasi akan bisa mengubah keadaan esok hari.
  • Beramal untuk orang banyak.

QUOTES: The most dangerous poison is the feeling of achievement. The antidote is to every evening think what can be done better tomorrow.

Sumber:

Ingvar Kamprad merupakan tokoh dibalik berdirinya IKEA. Lahir di Swedia dengan latar belakang keluarga peternak tidak membuat Ingvar Kamprad menjadi peternak pula, melainkan ia mengikuti jejak kakeknya yang merupakan seorang pengusaha. Nenek dari Kamprad adalah seorang dibalik jiwa pantang menyerah dan jiwa tegar dalam melewati segala rintangan yang dimiliki Kamprad. Jiwa bisnis Kamprad mulai terlihat sejak ia berumur 6 tahun, dimana ia mulai berjualan korek api kepada tetangganya pada masa itu. Sebagai seorang yang mengidap disleksia, Kamprad tidak pantang merenyerah. Dan disleksia yang dimiliki Kamprad tidak menghalanginya untuk berjualan dan berbisnis.

Seiring berjalannya waktu, bukan hanya korek api yang dia jual, melainkan dekorasi pohon natal, pulpen dan lainnya. Kamprad juga mulai menambah barang yang ia jual dengan perhiasan, dompet, dan sebagainya. Kemudian saat Kamprad berusia 17 tahun, ayahnya memberikan hadiah atas nilainya yang baik, dengan fakta bahwa ia disleksia. Kamprad menggunakan uang tersebut untuk membangun IKEA yang merupakan akronim dari namanya dan nama keluarganya (Elmtaryd dan Agunnaryd).

Hal yang saya kagumi dari seorang Ingvar Kamprad adalah beliau merupakan pebisnis kelima terkaya di dunia, tapi hal ini tidak menyebabkan beliau tinggi hati. Kamprad masih tetap menyumbangkan sebagian miliknya di acara acara amal. Selain itu, Kamprad muda tidak malu untuk berjualan, yang anak muda saat ini umumnya malu. Beliau juga mampu keluar dari tradisi keluarga yang merupakan seorang peternak dan memilih menjadi pengusaha dengan kemauan sendiri. Kamprad juga berani mengambil resiko, contohnya saat beliau memesan 500 pulpen dari Paris menggunakan uang pinjaman dan saat beliau menggunakan uang hadiah dari ayahnya untuk mendirikan IKEA. Walaupun beliau memiliki kekurangan, yakni disleksia, hal ini tidak menghalanginya untuk berbisnis. Terakhir, beliau mampu berpikir out of the box, dimana ia memiliki ide untuk membuat IKEA pada awalnya.

Kata-kata yang paling saya sukai dari seorang Ingvar Kamprad adalah “Making mistakes is the privilege of the active. It is always the mediocre people who are negative, who spend their time proving that they were not wrong.”

DAFTAR PUSTAKA

Ingvar Kamprad merupakan salah satu dari banyaknya orang tersukses di dunia ini. Mungkin apabila kalian pernah ke sebuah tempat berjualan material rumah tangga dan hal-hal unik di sebuah tempat besar yang tekenal bernama IKEA. Yap, beliaulah seseorang dibalik kesuksesan perusahaan tersebut.
Mulai dari berjualan korek api, hingga karirnya yang sukses seperti sekarang, pasti seorang Ingvar Kamprad memiliki banyak jalan hidup yang berliku-liku dan seringkali membuat beliau jatuh bangun terhadap mimpi-mimpi yang ingin dicapainya. Akan tetapi, beliau memiliki sikap-sikap yang mungkin tidak semua orang miliki dan dapat membantu mengsukseskan karirnya. Ingvar sangat berpegang teguh pada satu tujuan yang ditekuni. Hidup sederhana dan juga selalu bersikap rendah hati meskipun sudah menjadi sesesorang yang sukses sekalipun. Berpikir inovatif dan tidak cepat puas terhadap sesuatu yang dicapainaya.

Hal-hal yang dapat menginspirasi bagi saya khususnya softskill:

  • tidak mengenal kata lelah
  • kejarlah mimpi mulai dari hal yang kecil
  • apabila menyukai sesuatu maka kejarlah sampai dapat
  • berpikir positif
  • memiliki mindset untuk menjadi orang yang bermanfaat

Referensi