Ingin jadi atlet eSports? Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menjadi atlet eSports?

Fenomena eSports kini memang sedang menyebar secara cepat. Para gamer yang dahulu mungkin hanya berpikir main untuk senang-senang saja, kini jadi berpikir untuk menjadi yang terhebat dan punya cita-cita menjadi atlet eSports profesional.

Walau banyak yang bercita-cita jadi atlet eSports, tapi nyatanya tak semua punya pola hidup layaknya atlet. Bagaimanapun juga meski cuma bermain game, kamu tetap harus punya kondisi fisik prima supaya bisa bermain layaknya Amer ‘Miracle’ Al-Barkawi atau Lee ‘Faker’ Sang-Hyeok.

Nah, apa saja sih yang harus dilakukan untuk menjadi atlet eSports?

Beberapa syarat yang harus dimiliki untuk menjadi pemain profesional E-sports adalah :

  1. Mempunyai kemampuan yang tinggi dalam game yang dimainkan

Kurt Melcher, eksekutif direktur dari E-sports pada Robert Morris University mengatakan seorang pro mempunyai kemampuan memproses informasi dalam jumlah yang besar dan cepat. Kemampuan ini akan membantu mereka dalam membangun sebuah taktik impromptu yang baik dan beradaptasi terhadap lingkungan pemain.

  1. Berumur 18 tahun atau sudah memasuki umur age of consent

Untuk menjadi pro player, seseorang harus dianggap sudah dewasa dan memiliki pertimbangan yang matang. Jarang atau malah tidak ada pemain dibawah umur yang mengikuti turnamen formal e-sports untuk menghindari harassment dan abuse pada orang dibawah umur.

  1. Kemampuan komunikasi yang andal dan lancar

Hampir seluruh permainan dalam e-sports adalah multiplayer, sehingga pemain harus saling membantu demi meraih kemenangan. Dengan adanya komunikasi yang lancar kemungkinan pemain menang akan semakin membesar.

  1. Kesabaran dan kerajinan dalam bermain game

Dunia e-sports merupakan hal yang serius. Kalah dalam pertarungan sudah menjadi sebuah hal umum dan harus diterima oleh seorang pro player. Maka dari itu dibutuhkan ketabahan dalam main game, serta rajin untuk mengasah kemampuan pemain dalam game tersebut.

Di atas merupakan pendapatku untuk menjadi pemain e-sports yang handal. Semoga beruntung!
Bacaan lanjut :

What It Takes To Be A Pro Player In eSports

How hard is it to become an esports professional gamer?