Inflasi di Indonesia : Bagaimana Nasib Rakyat Miskin?

Dampak-Inflasi

Inflasi merupakan suatu kenaikan harga barang yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti meningkatnya konsumsi masyarakat, mejonjaknya permintaan, dan kenaikan terhadap harga bahan baku. Terjadinya inflasi menyebabkan keresahan bagi masyarakat yang kurang mampu, Bagaimana tidak? pendapatan warga yang tidak stabil akibat dampak Covid - 19 harus di setarakan dan di cukup cukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti kenaikan harga Minyak Goreng yang menembus di atas Rp 15.000 per liter. Hal ini sangat berpengaruh bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat yang kurang mampu sehingga tak sedikit warga menempuh cara dengan berhutang.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, kenaikan ini cukup memberatkan bagi mereka yang uang bulanannya tidak naik. Bahkan, banyak uang bulanan dari suami yang turun sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Sementara di satu sisi, minyak goreng merupakan kebutuhan yang cukup vital bagi mereka, sehingga harus ada di setiap memasak.

Untuk mendapatkan minyak goreng, banyak di antara ibu-ibu rumah tangga harus ‘’berburu’’ ke pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan promo atau diskon minyak goreng. Apapun merek minyak goreng kemasan yang dijual, yang penting bisa dijangkau dengan uang di dompet, ibu-ibu rumah tangga siap membelinya.

Bagaimana Pendapat kamu Terkait Permasalahan Ini?

Dampak Inflasi terhadap Kegiatan Ekonomi Masyarakat - Kompasiana.com.