Industri Tembakau: Lebih Banyak Manfaat atau Dampak Negatif?

Kita semua mungkin telah paham bahwa industri tembakau menghasilkan suatu dilema abadi antara manfaat dan dampak negatif yang dihasilkan. Tembakau merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Industri tembakau memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi perekonomian Indonesia, terutama cukai dan devisa negara serta sebagai sumber pendapatan utama bagi para petani tembakau di pedesaan. Namun, tembakau melalui rokok memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan dan lingkungan yang kita semua sudah mengetahuinya. Dengan demikian, industri rokok Indonesia berada dalam situasi dilema. Peningkatan kepedulian masyarakat tentang kesehatan dan gerakan anti-merokok menyebabkan penurunan permintaan rokok serta berdampak kepada penurunan permintaan daun tembakau. Hal tersebut tentunya bukanlah kabar yang baik bagi para petani tembakau yang sejak awal sudah hidup pas-pasan dari budidaya tembakau tersebut.

Nah menurut Youdics, industri tembakau lebih banyak memiliki manfaat atau dampak negatifnya? Lalu bagaimana dengan nasib para petani tembakau jika permintaan akan rokok terus berkurang? Yuk bagikan pendapatmu ya!

Summary

Rachmat, M. & Aldillah, R. (2010). Agribisnis Tembakau di Indonesia: Kontroversi dan Prospek. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 28(1), 69-80.

Sumber Gambar: Pemerintah Diminta Berperan Bentuk Kemitraan Petani Tembakau - Ayo Jakarta