Indonesia negara no.1 paling banyak tweet tentang K-Pop?

image

Topik tentang K-pop cukup mendominasi percakapan global di Twitter selama satu tahun terakhir. Menurut data Twitter, terdapat 7,5 miliar tweet tentang K-pop selama periode 1 Juli 2020-30 Juni 2021. “Ini adalah rekor percakapan tertinggi tentang K-pop selama setahun terakhir,” tulis Twitter. Dan ternyata pencapaian rekor tersebut di capai oleh netizen Indonesia, mengalahkan Korea Selatan sebagai negara asal K-Pop.

Jadi Youdics bagaimana tanggapan kalian tentang tentang fenomena ini? menurut kalian apa alasan di balik terjadinya fenomena ini?

Referensi

Kompas Lifestyle

aku mengakui bahwa aku lebih tertarik dengan konten-konten korea seperti drama, musik, dan makeup. bukan tidak mencintai produk lokal, hanya saja porduk lokal yang tidak dapat bersaing. bisa kita lihat tamu yang seperti apa yang diundang di televisi, trending apa yang terjadi di indonesia maupun hal lainnya yang menguragi minatku terhadap dunia entertaiment dalam negeri. walaupun sering mendapatkan celaan hanya karena mengidolakan orang-orang korea, tapi menurutku semua orang punya pilihan atas ketertarikannya dimana, dan ini merupakan HAM.
apalagi semenjak pandemi ini orang semakin bergantung akan teknologi seperti smartphone. entertaiment dari korea emang sangat menarik perhatian sehingga muncullah tweet tentang hal itu yang menyatukan orang-orang yang memiliki ketertaikan yang sama. drama dan musik yang diberikan sesuai dengan harapan banyak kaum muda, dimana kaum muda ini identik dengan kelihaiannya akan teknologi yang membuat mereka berkereasi dari hal korea tersebut. entah itu buat parodi, dance cover, narasi, maupun AU. itulah mengapa tweet kpop di Indonesia menjadi paling banyak.

Budaya Korea berkembang pesat dan meluas secara global dalam dua dekade terakhir. Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga menghasilkan suatu fenomena “Korean Wave” atau disebut juga Hallyu. Fenomena ini dapat dijumpai di Indonesia dan dampaknya sangat terasa di kehidupan sehari-hari terutama pada generasi milenial. Bisa dibilang, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar Hallyu, atau K-Pop terbesar di dunia, dan aku pun salah satunya. Menurutku K-Pop dan para idol nya, merupakan salah satu media ku untuk healing (dan mungkin bagi para penggemar Hallyu lainnya). Mengenal twitter menjadi salah satu media sosial yang mudah dipakai untuk masyarakat, baik untuk berbagi informasi, berita terkini, dsb, maka para penggemar KPop pun juga kerap menggunakan twitter ini. Selain itu, rata-rata idol KPop pun, disamping Instagram, mereka juga menggunakan twitter untuk menyapa penggemar dari mancanegara. Itu juga merupakan salah satu alasan mengapa KPopers dari Indonesia turut menggunakan Twitter tersebut.

Bukan hanya Indonesia yang mempunyai penggemar KPop terbanyak. Ada Cina, dan Korea Selatan pun juga mempunyai penggemar KPop yang merupakan dari negara mereka sendiri. Jarang dari mereka yang menggunakan Twitter, yang pasti tidak sebanyak dari Indonesia. Mereka punya platform media sosial sendiri untuk hype para idol kesayangan mereka. Seperti Cina yang mempunyai Weibo, dan Korea Selatan yang menggunakan Naver sebagai platform utama media sosial mereka.