Ilusi Optical apa yang paling menarik?


(Dictio Community) #1

Ilusi optis adalah ilusi yang terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Ada anggapan konvensional bahwa ada ilusi yang bersifat fisiologis dan ada ilusi yang bersifat kognitif.

Ilusi fisiologis


Ilusi fisiologis, seperti yang terjadi pada afterimages atau kesan gambar yang terjadi setelah melihat cahaya yang sangat terang atau melihat pola gambar tertentu dalam waktu lama. Ini diduga merupakan efek yang terjadi pada mata atau otak setelah mendapat rangsangan tertentu secara berlebihan.

Ilusi kognitif


Ilusi kognitif diasumsikan terjadi karena anggapan pikiran terhadap sesuatu di luar. Pada umumnya ilusi kognitif dibagi menjadi ilusi ambigu, ilusi distorsi, ilusi paradoks dan ilusi fiksional.

  • Ilusi ambigu, gambar atau objek bisa ditafsirkan secara berlainan. Contohnya adalah: kubus Necker dan vas Rubin.

  • Ilusi distorsi, terdapat distorsi ukuran, panjang atau sifat kurva (lurus lengkung). Contohnya adalah: ilusi dinding kafe dan ilusi Mueller -Lyer.

  • Ilusi paradoks disebabkan karena objek yang paradoksikal atau tidak mungkin, misalnya pada segitiga Penrose atau ‘tangga yang mustahil’, seperti misalnya terlihat pada karya seni grafis M C Escher, berjudul “Naik dan Turun” serta “Air Terjun”.

  • Ilusi fiksional didefinisikan sebagai persepsi terhadap objek yang sama sekali berbeda bagi seseorang tapi bukan bagi orang lain, seperti disebabkan karena schizoprenia atau halusinogen. Ini lebih tepatnya disebut dengan halusinasi.

Sumber : wikipedia


Apa yang dimaksud dengan persepsi ?
(Saintia) #2

Ilusi optik sudah banyak sekali mempengaruhi produk kultur populer di dunia saat ini.
Banyak sekali lukisan, seni grafis dan bahkan game yang mengadaptasi konsep ilusi optik.

Salah satunya adalah game smartphone berjudul Monument Valley
Monument Valley ini bercerita tentang petualangan putri bisu bernama Ida yang mengelilingi dunia ilusi dan mengantarkan sebuah artefak geometris ke tempat yang dituju.

Elemen Ilusi Optik Paradoks sangat kental pada grafis game ini.


Teka teki yang kompleks menjadi ide utama game ini. Pemain harus bisa mencari jalan yang tepat agar karakter utama (Ida) sampai di tempat tujuan.

Setiap jalan yang kamu pilih bagaikan labirin tak berujung.

Tapi disitulah menariknya permainan ini. Konsep yang ditawarkan beda dari yang lain, meski kadang akan membuat bingung, tapi game ini sangat adiktif.