© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Ikan laut apa saja yang berbahaya untuk dikonsumsi manusia ?

ikan laut

Ada yang bilang bahwa hampir semua ikan laut itu bisa dimakan walaupun telah menjadi bangkai. Tapi apakah ada ikan laut yang berbahaya dikonsumsi manusia ?

Kebanyakan ikan dan binatang yang hidup di laut mempunyai alat perlindungan diri untuk mempertahanakan dirinya dari pemangsa, selain itu mereka juga mempunyai senjatanya masing-masing yang membantu mereka dalam mendapatkan makanannya. Senjatanya bisa berupa duri yang tajam, gigi yang tajam dan racun. Racun inilah yang dapat membahayakan dan berakibat fatal bagi manusia.

1. Ikan Sembilang

Sembilang termasuk jenis ikan laut. Biasanya hidup di laut dangkal, tak jarang juga banyak yang hidup di muara sungai. Keberadaan Sembilang itu terdapat dua jenis Sembilang, Sembilang batu dan Sembilang lubang. Sembilang batu hidupnya di celah batu dan Sembilang lubang hidupnya di lubang-lubang yang di buatnya sendiri. Bentuk ikan ini hampir sama dengan ikan Lele, yang membedakan sembilang mempunyai 3 patil 1 di punggung dan 2 di sirip.

Bila tergores atau tertusuk patil Sembilang, wajah akan pucat, seluruh badan terasa panas dan susah tidur bahkan bisa kejang kejang. Rasa sakit itu akan terus bertambah bila tak segera diobati. Meskipun ganas, racun ikan ini begitu unik. Racun ikan ini hanya menempel pada tubuh korban selama 24 jam. Setelah itu racun Sembilang akan hilang dan korban kembali sehat seperti semula.

2. Ikan Batu

Ikan lepu batu karang hidup di perairan hangat wilayah Hindia & Pasifik di mana mereka rata-rata berukuran 30 cm lebih. Perairan yang dipilih umumnya adalah perairan berkarang atau yang dipenuhi tumbuhan ganggang kecil. Kondisi lingkungan pada perairan tersebut membantu ikan lepu batu menyamar sehingga sulit dilihat oleh makhluk air di sekitarnya. Ikan Lepu Batu dianggap sebagai jenis Lepu yang paling beracun dan berbahaya bagi manusia. Ikan ini hidup di perairan dangkal, bebatuan dan terumbu karang yang dangkal. Ikan lepu batu karang memiliki racun yang sangat kuat. Ikan lepu batu tidak akan bergerak & hanya menggerakkan duri-duri penggungnya yang sangat beracun saat merasa terancam. Bagi penyelam yg terkena ikan lepu, maka penyelam tersbut merasa kakinya seperti tertusuk & terbakar saat menginjak ikan tersebut.

3. Ikan Butana

Dibalik tubuhnya yang molek, ikan ini memiliki duri- duri yang tajam setajam silet. Maka berhati – hatilah jika ingin menangkap ikan ini dengan tangan anda. Duri ikan Butana cukup berbisa dan berbahaya bagi manusia.

Sumber