Ikan Badut Menjelajah Hingga 400 Kilometer

Apakah informasi tersebut benar dengan kenyataannya

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa bayi ikan badut (ikan giru) melakukan perjalanan hingga 400 kilometer jauhnya. Padahal ikan badut, atau Si Nemo, hanya berukuran 6-18 cm. Tentu menjadi sangat menakjubkan ketika ikan sekecil ikan badut atau ikan giru mampu mengarungi dan menempuh berbagai bahaya hingga ratusan kilometer.
Ikan badut atau dikenal juga sebagai ikan giru dan ikan nemo adalah ikan kecil dari famili Pomacentridae. Terdapat 30 spesies yang umum disebut ikan badut. 29 spesies diantaranya dikelompokkan dalam genus Amphiprion dan sisanya 1 spesies dalam sebagai anggota genus Premnas. Dalam bahasa Inggris ikan badut dikenal sebagai clownfish atau anemonefish.

Adalah Stephen D. Simpson, pakar biologi kelautan dari University of Exeter Inggris, bersama tim yang telah melakukan sebuah penelitian terkait kemampuan jelajah ikan badut (ikan nemo). Penelitian dilakukan dengan mengambil DNA sirip ikan badut kemudian melepaskannya kembali kelautan. Hasilnya, peneliti menemukan DNA ikan badut pada terumbu karang yang berjarak hingga ratusan kilometer dari tempat pertama ditemukan.
Peneletian berjudul Long-Distance Dispersal via Ocean Currents Connects Omani Clownfish Populations throughout Entire Species Range tersebut dipublikasikan di PLOSE ONE (www.plosone.org), 17 September 2014.