Ide Startup apa saja yang Memiliki Kemungkinan Gagal


(Saintia) #1

IDE APAPUN, JIKA TIDAK LUAR BIASA, MAKA AKAN MEMILIKI KEMUNGKINAN UNTUK GAGAL.

Ide memang akan selalu berpengaruh. Banyak tim-tim hebat diluar sana yang sayangnya sama sekali tidak berkembang karena mereka tidak memiliki ide yang segar dan original.

Peter Thield berkata bahwa kompetisi itu konyol. Kenapa harus berkompetisi jika kamu bisa menciptakan sesuatu yang benar-benar baru dan tidak pernah orang lakukan? Ide startup haruslah langka dan unik.

Berikut adalah beberapa contoh ide startup yang kurang menarik, dan sayangnya, bisa memiliki kemungkinan untuk gagal:

  • Ide Tiruan

Meniru ide milik orang lain mentah-mentah yang sebenarnya tidak membuatmu tertarik sama sekali bukan hal yang disarankan. Steve Jobs tidak meniru mouse buatan Xerox Parc. Steve Jobs mengambil ide tersebut, berusaha memotong biaya produksi, kemudian memodifikasinya hingga bisa diterima oleh konsumen.

Kamu bisa meniru ide orang lain, tapi harus ada inovasi didalamnya untuk menciptakan perbedaan.

  • Ide yang Hanya Disukai oleh Pelaku Bisnis

Paul Graham dari Y Combinator pernah berkata,

“MAKE SOMETHING PEOPLE WANT” (BUATLAH SESUATU YANG DIINGINKAN OLEH ORANG) BUKAN “BUAT SESUATU YANG MENURUTMU ORANG INGINKAN”.

Sebagian besar pelaku bisnis tidak bisa benar-benar mengetahui jalan pikir dari calon konsumen. Kita memang bisa menebak-nebak, tapi siapa yang tahu jika kita salah? Kamu harus mencari jalan untuk menemukan selera pasar. Misalnya saja seperti mengetes produkmu berkali-kali, memperbaikinya berdasarkan apa yang konsumen sarankan kepadamu.

  • Ide Apapun yang Berhubungan dengan Restoran

Tidak percaya? Tapi pada kenyataan seperti itu. Sebagian besar teknologi yang ditujukan ke usaha rumah makan akan gagal. Hal ini disebabkan karena pengusaha-pengusaha yang berusaha menembus bidang ini tidak memiliki pengalaman yang cukup tentang usaha rumah makan itu sendiri.

  • Aplikasi Pencari Event yang Berlangsung

Biasanya, aplikasi sejenis ini dibuat dengan menghubungkannya dengan daftar event yang ada di Facebook. Terlihat mudah? Sayangnya tidak sama sekali. Tidak semua event yang berlangsung di sekitar kita terdaftar di Facebook, tidak semua event yang ada juga mudah dicapai. Dan pula, belum tentu event yang berlangsung adalah event yang nyata. Siapa yang tahu jika itu hanyalah tipuan?

  • Ide Bisnis Apapun yang Nekat ‘Melawan’ Bisnis yang Sudah Berjaya

Apa alasannya? Karena mereka sudah mengalami pengalaman bertahun-tahun. Mereka sudah merasakan jatuh-bangunnya dalam membangun bisnis tersebut. Selain itu, mereka juga sudah menguasai pasar.

Nah, diatas adalah beberapa jenis ide yang bisa memiliki kemungkinan untuk gagal. Apakah kamu memiliki jenis-jenis ide startup lainnya yang juga mungkin saja gagal?