Ice Chasm, Gua Es Abadi

image

Saat memasuki pintu gua, kita akan melihat aliran air yang telah berubah menjadi seluncuran es alami yang indah. Selama berabad-abad, lapisan es di gua ini tidak pernah mencair.

Booming Ice Chasm adalah gua es abadi. Gua ini berada di Pegunungan Rocky, Kanada. Di dalamnya terdapat air yang membeku dan tidak pernah cair kembali.

Awal mulanya, ada air beserta salju masuk saat musim dingin ke dalam gua. Air dan salju itu terjebak bersamaan dengan udara dingin. Udara dingin yang terjebak itu lalu mengendap di sana, membuat suhu di dalam gua menjadi sangat dingin. Udara dingin itu tidak pernah keluar dari dalam gua, sehingga meciptakan es abadi yang berwarna biru jernih. Dentuman dari Dalam Jurang

Dentuman dari Dalam Jurang
Gua es ini berada di dalam jurang dengan kedalaman ratusan meter. Selain dikenal karena esnya yang tidak pernah mencair, gua ini juga dikenal karena suara dentuman yang berasal dari dalam gua. Suara itu berasal dari bongkahan batu besar yang jatuh sedalam 140 meter. “Boom!” begitu bunyinya. Karena suara dentuman itu, gua ini juga dikenal sebagai Ice Booming Cave.

Bergema
Keunikan gua itu telah membuat penasaran banyak orang. Tidak sedikit orang yang mengunjungi gua es ini. Tetapi ternyata sangat sulit untuk berbicara di dalam gua, sebab setiap suara yang dikeluarkan akan bergema. Jadi, ketika kita ingin berbicara dengan orang lain di dalam gua ini, harus bersabar menunggu sampai gemanya benar-benar hilang.

Sumber: